0
0
Barang bekas lebih baik dari pada barang KW!
Beli barang bekas hanya di Prelo
Guide Buyer Pilih Barang
Pilih Barang
Ribuan barang berkualitas (no KW) ada di Prelo
Guide Buyer Chat dan Tawar
Chat dan Tawar Harga
Kamu bisa chat penjual dan tawar harga barang yang kamu pilih
Guide Buyer Bayar
Bayar dan Terima Barang
Pengembalian uang 100% jika barang tidak sesuai dengan deskripsi produk
Dapat uang tanpa modal!
Jual barang bekas berkualitas kamu hanya di Prelo
Guide Seller Download
Download Aplikasi Prelo
Download Prelo untuk menjual barang preloved kamu
Guide Seller Upload Barang
Foto dan Upload Barang
Upload barang kamu ke Prelo dan tunggu pelanggan membelinya
Guide Seller Kirim Barang
Kirim Barang
Kirim barang ke pelanggan dan terima hasil penjualan kamu

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan ketentuan ditetapkan demi memberikan kenyamanan bagi semua pihak yang menggunakan layanan Prelo. Berbagai hal yang mungkin terjadi dalam proses jual-beli melalui aplikasi Prelo, diatur berdasarkan syarat dan ketentuan tersebut. Dengan kata lain, syarat dan ketentuan ini merupakan suatu bentuk perjanjian resmi antara Prelo dan Pengguna. Pengguna disarankan untuk membaca syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan seksama sebelum menggunakan layanan Prelo.


Ketentuan Layanan

Dengan mendaftar dan menggunakan layanan dari Prelo, Pengguna berarti telah membaca dan menyetujui untuk taat dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Prelo. Jika Pengguna melanggar perjanjian yang telah ditetapkan oleh Prelo, Prelo berhak untuk membatasi atau bahkan menolak segala bentuk aktivitas yang hendak Pengguna lakukan di Prelo. Jika Pengguna tidak menyetujui syarat dan ketentuan ini, maka Pengguna diminta untuk tidak menggunakan layanan yang disediakan Prelo.

Prelo juga akan terus mengembangkan layanannya yang juga akan berdampak pada perubahan kesepakatan perjanjian yang dituliskan dalam syarat dan ketentuan. Untuk itu, Prelo berhak untuk melakukan perubahan sewaktu-waktu terhadap syarat dan ketentuan penggunaan Prelo tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Maka dari itu, Pengguna diharapkan untuk terus memperhatikan berbagai informasi dari Prelo. Segala bentuk aktivitas yang dilakukan dalam periode tertentu diatur oleh syarat dan ketentuan yang berlaku pada masa aktivitas itu dilakukan oleh Pengguna.

1. Pembuatan Akun

Setelah membuat akun, Pengguna akan bertanggung jawab penuh atas sandi akun Pengguna. Apabila ada kegiatan yang tidak benar terjadi dalam akun Pengguna, maka itu adalah tanggung jawab Pengguna secara penuh. Prelo memiliki hak untuk menyelidiki, menghapus, atau menahan informasi Pengguna. Prelo juga berhak untuk menonaktifkan akun yang dibuat secara massal untuk diperjualbelikan.

2. Keanggotaan

Layanan Prelo terbuka untuk umum. Untuk dapat melakukan aktivitas pembelian maupun penjualan barang di Prelo, Pengguna harus melakukan registrasi dengan memberikan data yang akurat, lengkap, terbaru, dan senantiasa memperbaharui setiap perubahan pada data tersebut. Prelo berhak untuk menghentikan keanggotaan dan menolak setiap permintaan layanan jika tidak memberikan data yang akurat, lengkap, dan terbaru. Prelo juga berhak menghentikan keanggotaan akun yang dibuat secara massal untuk diperjualbelikan.

Setelah melakukan proses registrasi, Pembeli akan menerima Username dan Password khusus untuk dapat bertransaksi melalui Prelo. Pengguna bertanggung jawab penuh atas kerahasiaan Username dan Password tersebut. Prelo tidak bertanggung jawab jika menerima berbagai bentuk penyalahgunaan Username dan Password Pengguna oleh pihak ketiga baik untuk melakukan transaksi ataupun aktifitas lainnya.

Prelo berhak menonaktifkan akun Prelo Pengguna jika Pengguna tersebut melakukan pelanggaran pada syarat dan ketentuan yang berlaku, terindikasi melakukan penipuan atau hal-hal lain menurut pertimbangan Tim Prelo.

3. Aktivitas

a. Penjualan

Penjual bertanggung jawab untuk mengelola semua informasi yang berkaitan dengan barang yang dijual melalui Prelo. Hal ini untuk menghindari berbagai ketidaksesuaian ekspektasi pembeli terhadap barang yang penjual tawarkan. Sebaiknya, pertimbangkan kondisi barang bekas berkualitas yang layak jual serta memberikan deskripsi yang tidak berbeda dengan keadaan asli barang yang dijual. Penjual tidak diperkenankan untuk menggunakan konten informasi yang menyangkut SARA, mengandung unsur pornografi, pelecehan seksual, dan yang bersifat mengancam. Selain itu, Prelo berhak menolak barang yang dirasa tidak sesuai.

i. Barang yang Dijual

Penjual juga tidak diperkenankan menjual barang-barang berikut:

  1. Barang tidak original (KW)
  2. Makanan, obat-obatan, dan kosmetik yang membahayakan kesehatan dan tidak memiliki surat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM)
  3. Produk dewasa yang berkaitan dengan kegiatan seksual dan pornografi
  4. Alkohol
  5. Manusia dan organ-organ tubuhnya
  6. Senjata api dan senjata tajam
  7. Produk yang mengandung konten pelecehan SARA
  8. Perlengkapan judi
  9. Segala jenis barang yang bertentangan dengan peraturan jasa pengiriman yang digunakan di Indonesia
  10. Segala jenis barang yang melanggar ketentuan hukum Indonesia
  11. Segala jenis barang yang tidak relevan dengan kategori yang ada di Prelo
  12. Segala jenis barang yang sengaja diunggah untuk penyalahgunaan aktivitas di Prelo


Setiap barang yang dijual di Prelo akan tetap dalam pengawasan Tim Product Curator. Hal ini Prelo lakukan guna menjaga kualitas barang yang dijual di Prelo. Sehingga Tim Product Curator akan melakukan review terhadap barang bekas berkualitasmu. Barang yang kamu jual akan dinonaktifkan jika tidak lolos review Tim Product Curator. Hal tersebut karena:

  1. Barang tidak original (KW)
  2. Tidak memiliki Foto Utama & Foto Label / Merek
  3. Foto barang tidak lengkap
  4. Foto barang tidak jelas (resolusi rendah)
  5. Bukan merupakan foto asli dari barang yang dijual (foto diambil dari sumber lain)
  6. Detail & deskripsi barang yang tidak sesuai
  7. Barang sengaja dijual untuk penyalahgunaan aktivitas di Prelo
  8. Mengandung motif yang dilindungi hak cipta atau karakter dari merek tertentu tanpa lisensi resmi
  9. Pelaporan barang dari User lain
  10. Alasan lain berdasarkan pertimbangan dari Tim Prelo

Tim Product Curator akan memberikan alasan atau pesan untuk setiap barang yang dinonaktifkan. Barang tersebut bisa diaktifkan kembali dengan cukup melakukan hal yang tertera pada pesan yang diberikan.

ii. Pengambilan Foto Barang

Pada saat pengambilan foto barang, Pengguna disarankan untuk mengambil foto sesuai instruksi yang diberikan (diwajibkan: Foto Utama dan Foto Label / Merek). Panduan foto lebih lengkap: Panduan Memotret Barang Bekas Berkualitasmu di Prelo

iii. Merek

Prelo hanya memperbolehkan Penjual untuk menjual Barang dengan Merek yang telah diverifikasi oleh Tim Prelo. Jika Merek belum diverifikasi, Pengguna bisa meminta penambahan Merek. Namun, Prelo berhak menolak jika Merek tersebut di luar cakupan Prelo. Barang yang tidak memiliki merek bisa memilih pilihan merek “Tanpa Merek”.

Penjual bertanggung jawab atas ketentuan merek, hak cipta, dan hak kekayaan intelektual lain yang dimiliki pihak ketiga. Jika pihak ketiga melakukan penuntutan atas pelanggaran hak-hak tersebut selama berjualan di Prelo, maka tuntutan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual.

iv. Harga

Penjual hanya dapat menetapkan harga dalam Rupiah (Rp). Penjual dilarang memanipulasi harga barang dan merubah harga barang setelah pembeli melakukan pembayaran. Prelo memiliki data harga sebelum dan sesudah Pembeli melakukan pemesanan.

v. Ketersediaan Barang

Penjual diwajibkan untuk terus memperbaharui informasi tentang ketersediaan barang untuk menghindari adanya pengembalian uang apalagi kekecewaan Pembeli. Sistem Prelo akan secara otomatis mengingatkan terhadap barang yang tidak diperbaharui dalam waktu 30 hari sejak barang tersebut di-upload. Penjual diharapkan memeriksa kembali barang tersebut.

vi. Pengelolaan Barang

Penjual tentunya bertanggung jawab pula terhadap barang tersebut mulai dari pengelolaannya hingga kualitas serta proses pengiriman barangnya. Prelo hanya berperan menjadi perantara bagi kedua belah pihak sebagai media berjualan dan proses transaksi pembayaran.

vii. Pengelolaan Pesanan

  • Penjual wajib melakukan konfirmasi terhadap setiap notifikasi pemesanan yang dilakukan melalui Prelo
  • Setelah Prelo menerima pembayaran dari pembeli dan memberitahukannya kepada Penjual, maka Penjual wajib mengirimkan pesanan dan status transaksi akan berubah menjadi "Dikirim".
  • Konfirmasi pengiriman dilakukan melalui aplikasi Prelo dengan mengunggah foto resi pengiriman dari perusahaan logistik (pengiriman barang) yang dipakai.
  • Penjual wajib menginformasikan jika ada ketidakmampuan untuk melakukan pengiriman barang karena berbagai alasan seperti stok habis, tidak ada jasa pengiriman dengan tujuan tersebut, dan sebagainya.
  • Penjual menyetujui bahwa Prelo akan menahan transaksi pembayaran kepada Penjual bilamana terdapat berbagai masalah terkait proses pengiriman dan penerimaan barang kepada Pembeli.
  • Penjual menyetujui untuk taat atas setiap keputusan akhir yang diambil oleh Prelo bilamana terjadi konflik dalam proses transaksi jual-beli dengan Pembeli.
  • Jika penjual dan pembeli tidak sepaham dalam proses pengembalian barang maka kebijakan Prelo akan menjadi keputusan akhir.

viii. Pemberian Dana Hasil Penjualan

  • Hasil Penjualan akan otomatis masuk ke dalam Prelo Balance Penjual jika status barang sudah berubah menjadi "Diterima")
  • Penarikan dana (Tarik Uang) hasil penjualan baru bisa dilakukan jika Pembeli sudah memberikan review untuk barang yang diterima. Tarik Uang dapat dilakukan langsung melalui aplikasi Prelo dengan mengisi formulir Tarik Uang. Formulir berisi nomor rekening kamu dan nominal Prelo Balance yang ingin ditarik. Perlu kamu perhatikan bahwa Prelo tidak bertanggung jawab atas kesalahan nomor rekening yang kamu input
  • Jika pembeli tidak juga memberikan review lewat dari Waktu Jaminan Prelo (Info: WJP, Penjual tetap bisa melakukan Tarik Uang

b. Pembelian

Pembeli wajib membaca, memahami, dan menyetujui setiap informasi terkait barang yang dijual di Prelo sebelum melakukan pembelian. Prelo tidak bertanggung jawab atas komplain yang timbul akibat kelalaian Pembeli dalam membaca dan memahami infomasi tersebut.

i. Pemahaman Informasi Produk

  • Pembeli memahami bahwa warna sebenarnya dari barang tersebut bisa saja berubah tergantung pada layar handphone atau PC Pembeli. Selain itu, pengambilan gambar yang kurang tajam oleh Penjual juga mempengaruhi tampilan warna barang.
  • Barang yang memiliki aturan kepemilikan khusus berada di luar tanggung jawab Prelo.
  • Pembeli memahami bahwa ketersediaan barang dapat berubah sewaktu-waktu dan ini merupakan tanggung jawab Penjual. Bilamana Pembeli sudah melakukan transaksi pembayaran dan barang yang dipesan tidak tersedia, maka Prelo akan melakukan pengembalian uang.

ii. Pembayaran

  • Pembeli hanya dapat melakukan pembayaran lewat layanan pembayaran yang disediakan Prelo.
  • Nilai pembayaran harus dilakukan senilai dengan jumlah yang tertera dalam setiap barang. Jika nilai transaksi yang diterima oleh Prelo tidak sesuai, maka Prelo berhak untuk menolak pembayaran.
  • Untuk setiap kelebihan uang yang dikirimkan ke sistem, Prelo tidak dapat mengembalikan uang tersebut dalam bentuk semula. Prelo akan mengganti nilai tersebut menjadi Prelo Balance atau saldo virtual akun Pengguna.
  • Segala bentuk keterlambatan pembayaran dan biaya tambahan yang timbul akibat masalah perbedaan bank yang digunakan oleh kedua belah pihak (Pembeli dan Prelo) merupakan tanggung jawab pembeli.
  • Pembeli wajib melakukan transaksi pembayaran dalam jangka waktu 12 jam setelah melakukan pemesanan barang di Prelo. Jika tidak, Prelo akan membatalkan pesanan tersebut secara otomatis.
  • Pembeli wajib melakukan konfirmasi pembayaran maksimum 12 jam setelah melakukan pemesanan barang di Prelo. Jika tidak, Prelo berhak tidak mengakui pembayaran yang telah dilakukan tersebut.

iii. Penerimaan Barang

  • Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan barang dengan cara memberikan review kepada Penjual maksimum 3 hari (3x24 jam) setelah menerima barang dari penjual. Jika tidak, pembeli tidak lagi berhak mengajukan pengembalian barang.
  • Jika status transaksi sudah berubah menjadi “Diterima” namun Pembeli belum menerima barang, akan ada tambahan waktu 3x24 jam (Waktu Jaminan Prelo, lengkapnya: https://prelo.co.id/blog/new-prelo-waktu-jaminan-prelo/).
  • Pembeli memahami bahwa segala bentuk keterlambatan pengiriman merupakan tanggung jawab penjual dan perusahaan logistik (jasa pengiriman barang). Penjual di Prelo hanya diperkenankan untuk menggunakan jasa pengiriman yang dilengkapi dengan fasilitas pelacakan. Hal ini akan mempermudah Pembeli untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman barang tersebut.
  • Segala bentuk pengembalian barang dan pengembalian uang telah ditetapkan kemudian atas keputusan dari Tim Prelo.

c. Pembatalan Pesanan
i. Prelo akan secara otomatis membatalkan pemesanan barang jika Pembeli belum melakukan transaksi pembayaran dan belum melakukan konfirmasi pembayaran terhitung 12 jam setelah pemesanan dilakukan.
ii. Prelo akan secara otomatis melakukan pembatalan pemesanan jika Penjual tidak melakukan konfirmasi pengiriman dalam waktu 3 hari (3x24 jam).
d. Pengembalian Produk
i. Pengajuan pengembalian barang oleh Pembeli:

  • Pembeli dapat mengajukan pengembalian pesanan dalam jangka waktu tiga hari (3x24 jam) sejak status barang menjadi "Diterima". Pengembalian barang ini hanya dapat dilakukan atas pertimbangan dari Tim Prelo.
  • Proses pengembalian barang dapat dilakukan dengan cara menggunakan fasilitas Refund yang terdapat di aplikasi Prelo atau langsung menghubungi Customer Service Prelo.
  • Jika Penjual tidak melakukan konfirmasi permintaan pengembalian barang setelah 3 hari (3x24 jam) terhitung dari pengajuan pengembalian barang yang dilakukan oleh Pembeli, maka Prelo akan melakukan proses pengembalian uang langsung kepada Pembeli.
  • Pengembalian uang untuk barang yang dikembalikan hanya akan diproses jika barang yang ingin dikembalikan sudah diterima kembali oleh Penjual. Untuk itu, Pembeli wajib melakukan pengiriman lewat jasa pengiriman yang menyediakan layanan pelacakan status pengiriman. Pengiriman barang tersebut maksimal 3x24 jam terhitung dari pemberian alamat pengembalian.
  • Biaya pengiriman kembali barang dari Pembeli ke Penjual ditanggung sepenuhnya oleh Pembeli.

ii. Persetujuan / Penolakan terhadap Pengajuan Pembeli:

  • Penjual wajib melakukan konfirmasi permintaan pengembalian barang dengan memberikan persetujuan atau penolakan atas hal tersebut dalam jangka waktu tiga hari (3x24 jam) setelah Pembeli mengajukan pengembalian barang. Penjual berhak untuk menolak penukaran atau pengembalian barang jika ada alasan yang dapat dibenarkan oleh Prelo.
  • Jika Penjual tidak melakukan konfirmasi sesuai dengan ketentuan di atas, maka Prelo akan mengembalikan uang Pembeli dan proses transaksi kepada Penjual tidak akan diteruskan.
  • Biaya pengiriman kembali barang yang ditukar oleh Penjual ditanggung sepenuhnya oleh Penjual.

e. Pengembalian Dana (Refund)

Pengembalian uang dapat dilakukan dalam kondisi sebagai berikut:

i. Pengembalian uang juga dapat dilakukan jika pesanan tidak dikonfirmasi oleh Penjual dalam waktu tiga hari (3x24 jam) setelah proses transaksi memasuki status "Dibayar".
ii. Pengembalian dapat dilakukan jika Penjual gagal memenuhi pemesanan yang dilakukan oleh Pembeli karena berbagai alasan seperti barang terjual di tempat lain, keterbatasan pengiriman, dan sebagainya.
iii. Pengembalian uang dapat dilakukan jika barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi barang yang dipesan. Tindakan ini hanya dilakukan atas persetujuan dari Penjual.
iv. Pengembalian dapat dilakukan jika Pembeli mengirimkan uang dalam jumlah lebih dari harga barang. Namun pengembalian ini hanya dapat diberikan dalam bentuk Prelo Balance.
v. Ketentuan:

  1. Uang akan dikembalikan senilai dengan transaksi yang dilakukan oleh Pembeli dengan Prelo, namun dipotong biaya administrasi yang dibutuhkan untuk transfer via bank (apabila rekening Pengguna di luar Bank Mandiri, BCA, dan BNI). Pengembalian uang ke rekening Mandiri, BCA, dan BNI BEBAS BIAYA. Pembeli tidak akan dikenai biaya administrasi jika pengembalian dilakukan dalam bentuk Prelo.
  2. Bila ada tambahan biaya untuk pengiriman uang dengan tujuan rekening yang berbeda dengan rekening bank yang digunakan oleh Prelo, akan menjadi tanggungan Pembeli.
  3. Prelo menyediakan berbagai opsi pengembalian uang yakni:
    • Pengembalian uang dapat dilakukan lewat transfer ke rekening bank Pembeli
    • Pengembalian uang dapat dilakukan dengan mengganti nilai uang tersebut menjadi Prelo Balance. Prelo Balance ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran berikutnya di Prelo. Substitusi nilai uang yang menjadi Prelo Balance tidak akan dipotong biaya administrasi apapun. Silahkan baca informasi lebih lanjut tentang Prelo Balance.
    • Pengembalian transaksi yang dilakukan dengan Prelo Balance hanya dapat dikembalikan dalam bentuk Prelo Balance.
    • Pengembalian transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit akan dikembalikan ke dalam bentuk Prelo Balance.
  4. Proses pengembalian uang akan dilakukan oleh Prelo dalam waktu maksimal 3 hari (3x24 jam)

4. Peringatan

Prelo berhak memberikan sanksi seperti pembekuan dan/atau pemblokiran akun kepada Penjual maupun Pembeli yang melakukan hal sebagai berikut:

  • Melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Indonesia.
  • Mencantumkan situs maupun forum tempat berjualan lainnya di aplikasi Prelo, seperti di deskripsi Shop, kolom Comment, dan fitur Chat.
  • Menggunakan kata-kata yang tidak sesuai dengan norma dan menyinggung pengguna lain di aplikasi Prelo, seperti di kolom Comment maupun fitur Chat.
  • Membuat akun Prelo dengan tujuan menyalahgunakan peraturan dan/atau kebijakan Prelo lainnya. Termasuk jika akun tersebut sudah diperjualbelikan atau dipindahtangankan.
  • Melakukan manipulasi transaksi dengan tujuan menyalahgunakan peraturan dan/atau kebijakan Prelo lainnya.


Keamanan dan Kepercayaan

1. Prelo Menjadi Platform Perantara Transaksi Jual-Beli Barang Bekas Berkualitas

Pengguna tidak perlu lagi khawatir untuk berbelanja atau berjualan secara online. Prelo menjamin keamanan setiap transaksi yang dilakukan oleh Pengguna. Pembeli akan melakukan transaksi pembayaran lewat sistem pembayaran Prelo. Prelo hanya akan meneruskan uang yang dikirim pembeli kepada penjual setelah pembeli menerima barangnya. Di sisi lain, penjual juga hanya akan diminta mengirim barangnya jika Pembeli sudah benar-benar melakukan pembayaran.

2. Transaksi Pembayaran Aman

Prelo hanya menggunakan metode pembayaran yang aman sehingga Pengguna tidak perlu khawatir untuk melakukan transaksi pembayaran apapun dengan Prelo. Selain itu, Prelo juga melayani pengembalian uang bilamana Pembeli mengalami berbagai kendala dalam berbelanja. Jadi, Pengguna tidak perlu khawatir lagi, transaksi antar Pengguna dapat dipercayakan sepenuhnya kepada kami.

3. Jasa Pengiriman Dilengkapi dengan Sistem Pelacakan

Prelo hanya memperkenankan Penjual untuk menggunakan jasa pengiriman yang dilengkapi dengan sistem pelacakan (tracking system). Pengguna dapat memastikan status pengiriman barang Pengguna setiap saat.

4. Pengguna telah Diverifikasi

Sistem pendaftaran Penjual di Prelo harus melalui tahapan verifikasi melalui SMS terhadap Penjual. Tidak ada lagi alasan bagi Pengguna untuk meragukan para Penjual di situs Prelo.

5. Layanan Pelanggan

Prelo dilengkapi dengan layanan pelanggan yang siap membantu Pengguna dalam berbelanja dan berjualan di Prelo.

6. Review Pengalaman dari Pengguna

Prelo selalu menghimbau para Pengguna yang telah berhasil menggunakan layanan di situs Prelo untuk berbagi pengalaman kepada Pengguna lain. Hal ini membuat Pengguna tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan Pembelian ataupun penjualan bersama Prelo.