0
0
Barang bekas lebih baik dari pada barang KW!
Beli barang bekas hanya di Prelo
Guide Buyer Pilih Barang
Pilih Barang
Ribuan barang berkualitas (no KW) ada di Prelo
Guide Buyer Chat dan Tawar
Chat dan Tawar Harga
Kamu bisa chat penjual dan tawar harga barang yang kamu pilih
Guide Buyer Bayar
Bayar dan Terima Barang
Pengembalian uang 100% jika barang tidak sesuai dengan deskripsi produk
Dapat uang tanpa modal!
Jual barang bekas berkualitas kamu hanya di Prelo
Guide Seller Download
Download Aplikasi Prelo
Download Prelo untuk menjual barang preloved kamu
Guide Seller Upload Barang
Foto dan Upload Barang
Upload barang kamu ke Prelo dan tunggu pelanggan membelinya
Guide Seller Kirim Barang
Kirim Barang
Kirim barang ke pelanggan dan terima hasil penjualan kamu

Syarat dan Ketentuan

Dengan mendaftar dan menggunakan layanan dari Prelo, Pengguna berarti telah membaca dan menyetujui untuk taat dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Prelo. Jika Pengguna melanggar perjanjian yang telah ditetapkan oleh Prelo, Prelo berhak untuk membatasi atau bahkan menolak segala bentuk aktivitas yang hendak Pengguna lakukan di Prelo. Jika Pengguna tidak menyetujui syarat dan ketentuan ini, maka Pengguna diminta untuk tidak menggunakan layanan yang disediakan Prelo.

Prelo akan terus mengembangkan layanannya yang akan berdampak pada perubahan kesepakatan perjanjian yang dituliskan dalam syarat dan ketentuan. Untuk itu, Prelo berhak untuk melakukan perubahan sewaktu-waktu terhadap syarat dan ketentuan penggunaan Prelo tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Maka dari itu, Pengguna diharapkan untuk terus memperhatikan berbagai informasi dari Prelo. Segala bentuk aktivitas yang dilakukan dalam periode tertentu diatur oleh syarat dan ketentuan yang berlaku pada masa aktivitas itu dilakukan oleh Pengguna.


Dengan mendaftar dan menggunakan layanan dari Prelo, Pengguna berarti telah membaca dan menyetujui untuk taat dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Prelo. Jika Pengguna melanggar perjanjian yang telah ditetapkan oleh Prelo, Prelo berhak untuk membatasi atau bahkan menolak segala bentuk aktivitas yang hendak Pengguna lakukan di Prelo. Jika Pengguna tidak menyetujui syarat dan ketentuan ini, maka Pengguna diminta untuk tidak menggunakan layanan yang disediakan Prelo.

Prelo akan terus mengembangkan layanannya yang akan berdampak pada perubahan kesepakatan perjanjian yang dituliskan dalam syarat dan ketentuan. Untuk itu, Prelo berhak untuk melakukan perubahan sewaktu-waktu terhadap syarat dan ketentuan penggunaan Prelo tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Maka dari itu, Pengguna diharapkan untuk terus memperhatikan berbagai informasi dari Prelo. Segala bentuk aktivitas yang dilakukan dalam periode tertentu diatur oleh syarat dan ketentuan yang berlaku pada masa aktivitas itu dilakukan oleh Pengguna.

  1. Akun, Keanggotaan, dan Keamanan

Prelo adalah platform perdagangan yang aman dan interaktif yang tersedia melalui aplikasi mobile dan web untuk umum. Layanan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Jual-Beli
  2. Sewa
  3. Layanan lain yang dapat Prelo tambah dari waktu ke waktu.

Semua transaksi di Prelo wajib menggunakan rekening bersama Prelo demi menjaga keamanan dan kenyaman dalam bertransaksi. Pengguna dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pengguna lainnya.

Pengguna harus melakukan registrasi dengan memberikan data yang akurat, lengkap, terbaru, dan senantiasa memperbarui setiap perubahan pada data tersebut. Prelo berhak untuk menghentikan keanggotaan dan menolak setiap permintaan layanan jika tidak memberikan data yang akurat, lengkap, dan terbaru. Prelo juga berhak menghentikan keanggotaan akun yang dibuat secara massal untuk diperjualbelikan.

Setelah membuat akun, Pengguna memiliki username dan password yang akan menjadi tanggung jawab penuh masing-masing Pengguna. Apabila ada kegiatan yang tidak benar terjadi dalam akun Pengguna, maka hal itu adalah tanggung jawab Pengguna secara penuh. Prelo memiliki hak untuk menyelidiki, menghapus, atau menahan informasi Pengguna. Prelo tidak bertanggung jawab jika menerima berbagai bentuk penyalahgunaan username dan password Pengguna oleh pihak ketiga baik untuk melakukan transaksi ataupun aktivitas lainnya.

Pengguna yang sudah terdaftar di Prelo dapat bertindak sebagai

  1. Penjual        :        Pengguna yang menjual barangnya di Prelo
  2. Pembeli        :        Pengguna yang membeli barang di Prelo
  3. Pemilik Barang        :        Pengguna yang menyewakan barangnya di Prelo
  4. Penyewa        :        Pengguna yang menyewa barang di Prelo

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk menggunakan fasilitas keamanan one time password (OTP), diperlukan biaya tambahan dari penyedia jasa telekomunikasi dengan nominal sebagai berikut (i) Rp 500 ditambah pajak 10% untuk Indosat, Tri, XL, Smartfren, dan Esia; (ii) Rp 200 ditambah pajak 10% untuk Telkomsel.

Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan alat dan/atau fitur otomatis yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada proses jual, beli, ataupun sewa di Prelo, termasuk namun tidak terbatas pada (i) manipulasi data Shop, (ii) melakukan perambanan (crawling), (iii) transaksi jual beli otomatis, (iv) automasi promosi.

Prelo memiliki kewenangan mengambil-alih username Pengguna jika akun Pengguna sudah tidak aktif lebih dari 1 tahun.

Prelo berhak menonaktifkan akun Prelo Pengguna jika Pengguna tersebut melakukan pelanggaran pada syarat dan ketentuan yang berlaku, terindikasi melakukan penipuan, atau hal-hal lain menurut pertimbangan Tim Prelo.

  1. Aktivitas
  1. Pengunggahan barang

Penjual atau Pemilik Barang bertanggung jawab untuk mengelola semua informasi yang berkaitan dengan barang yang diunggah melalui Prelo. Hal ini untuk menghindari berbagai ketidaksesuaian ekspektasi Pembeli atau Penyewa terhadap barang yang Penjual atau Pemilik Barang tawarkan. Sebaiknya, pertimbangkan kondisi barang bekas berkualitas yang layak jual serta memberikan deskripsi yang sesuai dengan keadaan asli barang yang dijual. Penjual atau Pemilik Barang tidak diperkenankan untuk menggunakan konten informasi yang menyinggung SARA, mengandung unsur pornografi, pelecehan seksual, dan yang bersifat mengancam. Selain itu, Prelo berhak menolak barang yang dirasa tidak sesuai.

  1. Barang yang Diunggah

Penjual atau Pemilik Barang tidak diperkenankan menjual dan/atau menyewakan barang-barang berikut:

  1. Barang tidak original (KW).
  2. Makanan, obat-obatan, dan kosmetik yang membahayakan kesehatan dan tidak memiliki surat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).
  3. Produk dewasa yang berkaitan dengan kegiatan seksual dan pornografi.
  4. Alkohol.
  5. Manusia dan organ-organ tubuhnya.
  6. Senjata api dan senjata tajam.
  7. Produk yang mengandung konten pelecehan SARA.
  8. Perlengkapan judi.
  9. Segala jenis barang yang bertentangan dengan peraturan jasa pengiriman yang digunakan di Indonesia.
  10. Segala jenis barang yang melanggar ketentuan hukum Indonesia.
  11. Segala jenis barang yang tidak relevan dengan kategori yang ada di Prelo.
  12. Segala jenis barang yang sengaja diunggah untuk penyalahgunaan aktivitas di Prelo.

Setiap barang yang dijual dan/atau disewakan di Prelo akan berada dalam pengawasan Tim Product Curator. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas barang yang dijual dan/atau disewakan di Prelo. Tim Product Curator akan melakukan kurasi terhadap barangmu. Barang yang dijual dan/atau disewakan akan dinonaktifkan jika tidak lolos kurasi Tim Product Curator. Hal tersebut karena:

  1. Barang tidak original (KW).
  2. Tidak memiliki Foto Utama & Foto Label/Merek.
  3. Foto barang tidak lengkap.
  4. Foto barang tidak jelas (resolusi rendah).
  5. Bukan merupakan foto asli dari barang yang dijual (foto diambil dari sumber lain).
  6. Detail & deskripsi barang yang tidak sesuai.
  7. Barang sengaja dijual untuk penyalahgunaan aktivitas di Prelo.
  8. Mengandung motif yang dilindungi hak cipta atau karakter dari merek tertentu tanpa lisensi resmi.
  9. Pelaporan barang dari pengguna lain.
  10. Alasan lain berdasarkan pertimbangan dari Tim Prelo.

Tim Product Curator akan memberikan alasan atau pesan untuk setiap barang yang dinonaktifkan. Barang tersebut bisa diaktifkan kembali dengan melakukan hal yang tertera pada pesan yang diberikan.

  1. Pengambilan Foto Barang

Pada saat pengambilan foto barang, Penjual atau Pemilik Barang disarankan untuk mengambil foto sesuai instruksi yang diberikan (diwajibkan: Foto Utama dan Foto Label/Merek). Foto kelengkapan lainnya akan mempercepat proses kurasi dan menghindari penonaktifan barang oleh Tim Product Curator. Khusus untuk barang-barang pada segmen Luxury, Penjual atau Pemilik Barang diwajibkan mengisi kolom Verifikasi Autentikasi dan melengkapi foto-foto kelengkapan barang.

  1. Merek

Prelo hanya memperbolehkan Penjual atau Pemilik Barang untuk menjual dan/atau menyewakan Barang dengan Merek yang telah diverifikasi oleh Tim Prelo. Jika Merek belum diverifikasi, Penjual atau Pemilik Barang bisa meminta penambahan Merek. Namun, Prelo berhak menolak jika Merek tersebut di luar cakupan Prelo. Barang yang tidak memiliki merek bisa memilih pilihan merek “Tanpa Merek”.

Penjual atau Pemilik Barang bertanggung jawab atas ketentuan merek, hak cipta, dan hak kekayaan intelektual lain yang dimiliki pihak ketiga. Jika pihak ketiga melakukan penuntutan atas pelanggaran hak-hak tersebut selama berjualan dan/atau menyewakan di Prelo, maka tuntutan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual atau Pemilik Barang.

  1. Harga

Penjual atau Pemilik Barang atau Pemilik Barang hanya dapat menetapkan harga dalam Rupiah (Rp). Penjual atau Pemilik Barang dilarang memanipulasi harga barang dan mengubah harga barang setelah Pembeli atau Penyewa melakukan pembayaran. Prelo memiliki data harga sebelum dan sesudah Pembeli atau Penyewa melakukan pemesanan.

  1. Komisi

Prelo akan mengambil komisi sebesar maksimal 10% atau sesuai dengan aktivitas promosi diskon komisi yang dilakukan Penjual atau Pemilik Barang saat mengunggah barang.

  1. Ketersediaan Barang

Penjual atau Pemilik Barang diwajibkan untuk terus memperbarui informasi tentang ketersediaan barang untuk menghindari adanya pengembalian uang dan kekecewaan Pembeli atau Penyewa. Sistem Prelo akan secara otomatis mengingatkan terhadap barang yang tidak diperbaharui dalam waktu 30 hari sejak barang tersebut diunggah. Penjual atau Pemilik Barang diharapkan memeriksa kembali barang tersebut.

  1. Pengelolaan Barang

Penjual atau Pemilik Barang bertanggung jawab pula terhadap barang tersebut mulai dari pengelolaan hingga kualitas serta proses pengiriman barang yang akan dijual atau disewakan. Prelo hanya berperan menjadi perantara bagi kedua belah pihak sebagai media berjualan dan proses transaksi pembayaran.

  1. Pengelolaan Transaksi Jual-Beli
  1. Penjual wajib melakukan konfirmasi terhadap setiap notifikasi transaksi yang dilakukan melalui Prelo.
  2. Setelah Prelo menerima pembayaran dari Pembeli dan memberitahukannya kepada Penjual, maka Penjual wajib mengirimkan pesanan agar status transaksi akan berubah menjadi "Dikirim".
  3. Konfirmasi pengiriman dilakukan melalui aplikasi Prelo dengan mengunggah foto resi pengiriman dari perusahaan logistik (pengiriman barang) yang digunakan.
  4. Penjual wajib menginformasikan jika ada ketidakmampuan untuk melakukan pengiriman barang karena berbagai alasan seperti stok habis, tidak ada jasa pengiriman dengan tujuan Pembeli, dan sebagainya.
  5. Penjual menyetujui bahwa Prelo akan menahan transaksi pembayaran kepada Penjual jika terdapat berbagai masalah terkait proses pengiriman dan penerimaan barang kepada Pembeli.
  6. Penjual dan Pembeli menyetujui untuk taat atas setiap keputusan akhir yang diambil oleh Prelo bilamana terjadi konflik dalam proses transaksi jual-beli.
  7. Jika Penjual dan Pembeli tidak sepaham dalam proses pengembalian barang maka kebijakan Prelo akan menjadi keputusan akhir.
  1. Pemberian Dana Hasil Transaksi Jual-Beli
  1. Hasil Penjualan akan otomatis masuk ke dalam Prelo Balance Penjual atau Pemilik Barang jika status barang sudah berubah menjadi "Diterima".
  2. Penarikan dana (Tarik Uang) hasil penjualan baru bisa dilakukan jika Pembeli atau Penyewa sudah memberikan review untuk barang yang diterima. Tarik Uang dapat dilakukan langsung melalui aplikasi Prelo dengan mengisi formulir Tarik Uang. Formulir berisi nomor rekening Pengguna dan nominal Prelo Balance yang ingin ditarik. Pengguna perlu memerhatikan bahwa Prelo tidak bertanggung jawab atas kesalahan nomor rekening yang dimasukkan oleh Pengguna.
  3. Jika Pembeli juga memberikan review lewat dari Waktu Jaminan Prelo (Info: WJP), Penjual atau Pemilik Barang tetap bisa melakukan Tarik Uang.
  1. Pengelolaan Transaksi Sewa
  1. Pemilik Barang wajib melakukan konfirmasi terhadap setiap notifikasi transaksi yang dilakukan melalui Prelo.
  2. Setelah Prelo menerima pembayaran dari Penyewa dan memberitahukannya kepada Pemilik Barang, maka Pemilik Barang wajib mengirimkan pesanan agar status transaksi akan berubah menjadi "Dikirim".
  3. Konfirmasi pengiriman dilakukan melalui aplikasi Prelo dengan mengunggah foto resi pengiriman dari perusahaan logistik (pengiriman barang) yang digunakan.
  4. Pemilik Barang wajib menginformasikan jika ada ketidakmampuan untuk melakukan pengiriman barang karena berbagai alasan seperti stok habis, tidak ada jasa pengiriman dengan tujuan Penyewa, dan sebagainya.
  5. Pemilik Barang wajib memastikan barang sewaan sampai ke Penyewa sesuai tanggal yang telah ditentukan. Ketidaksesuaian tanggal penerimaan barang oleh Penyewa di luar tanggung jawab Prelo.
  6. Pemilik Barang menyetujui bahwa Prelo akan menahan transaksi pembayaran kepada Pemilik Barang jika terdapat berbagai masalah terkait proses pengiriman dan penerimaan barang kepada Penyewa.
  7. Penyewa wajib mengembalikan barang sewaan sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan. Penyewa wajib mengonfirmasi pengembalian sebelum batas waktu agar status transaksi berubah menjadi “Dikembalikan”.
  8. Pemilik Barang dan Penyewa menyetujui untuk taat atas setiap keputusan akhir yang diambil oleh Prelo bilamana terjadi konflik dalam proses transaksi sewa.
  9. Jika Pemilik Barang dan Penyewa tidak sepaham dalam proses pengembalian barang maka kebijakan Prelo akan menjadi keputusan akhir.
  1. Pemberian Dana Hasil Transaksi Sewa
  1. Hasil transaksi sewa akan otomatis masuk ke dalam Prelo Balance Pemilik Barang jika status barang sudah berubah menjadi "Diterima" atau “Direview” oleh Penyewa. Jumlah yang akan diterima adalah sejumlah harga sewa per periode yang telah dibayarkan oleh Penyewa. Uang deposit masih berada di Prelo sebagai jaminan.
  2. Deposit akan dikembalikan sepenuhnya kepada Penyewa jika Penyewa mengembalikan barang sesuai dengan batas waktu yang ditentukan dan Pemilik Barang mengonfirmasi bahwa barang sewaan kembali dalam kondisi baik.
  3. Deposit akan dikembalikan sesuai dengan kesepakatan kepada Penyewa jika Pemilik Barang mengonfirmasi bahwa barang dikembalikan dalam kondisi yang lebih buruk dari seharusnya selama masih dalam batas Waktu Jaminan Prelo.
  4. Jika Penyewa gagal mengembalikan barang sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, maka Penyewa akan dikenakan sanksi berupa denda yang disesuaikan dengan harga sewa per periode. Denda tersebut akan langsung diambil dari deposit yang telah dibayar sebelumnya. Penyewa mendapatkan waktu hingga 3x24 jam dan/atau hingga deposit habis untuk mengonfirmasi pengembalian. Jika Penyewa gagal mengonfirmasi hingga batas waktu tambahan, maka identitas Penyewa berhak kami lepas ke Pemilik Barang.
  5. Penarikan dana (Tarik Uang) hasil transaksi sewa baru bisa dilakukan jika Penyewa sudah memberikan review untuk barang yang diterima.
  6. Penarikan deposit baru bisa dilakukan oleh Penyewa jika Pemilik Barang sudah mengonfirmasi penerimaan pengembalian barang.
  7. Tarik Uang dapat dilakukan langsung melalui aplikasi Prelo dengan mengisi formulir Tarik Uang. Formulir berisi nomor rekening Pengguna dan nominal Prelo Balance yang ingin ditarik. Pengguna perlu memerhatikan bahwa Prelo tidak bertanggung jawab atas kesalahan nomor rekening yang dimasukkan oleh Pengguna.
  8. Jika Penyewa tidak memberikan review lewat dari Waktu Jaminan Prelo (Info: WJP), Pemilik Barang tetap bisa melakukan Tarik Uang.
  9. Jika Pemilik Barang tidak mengonfirmasi pengembalian lewat dari Waktu Jaminan Prelo (Info: WJP), Penyewa dapat melakukan penarikan deposit.
  1. Pembeli atau Penyewa

Pembeli atau Penyewa wajib membaca, memahami, dan menyetujui setiap informasi terkait barang yang dijual di Prelo sebelum melakukan pembelian dan/atau penyewaan. Prelo tidak bertanggung jawab atas keluhan yang timbul akibat kelalaian Pembeli atau Penyewa dalam membaca dan memahami informasi tersebut.

  1. Pemahaman Informasi Produk
  1. Pembeli atau Penyewa memahami bahwa warna asli dari barang bisa saja berubah tergantung resolusi pada layar telepon seluler atau komputer yang digunakan dalam mengakses Prelo. Selain itu, pengambilan gambar yang kurang tajam oleh Penjual atau Pemilik Barang juga akan memengaruhi tampilan warna barang.
  2. Barang yang memiliki aturan kepemilikan khusus berada di luar tanggung jawab Prelo.
  3. Pembeli atau Penyewa memahami bahwa ketersediaan barang dapat berubah sewaktu-waktu dan merupakan tanggung jawab Penjual atau Pemilik Barang. Apabila Pembeli atau Penyewa sudah melakukan pembayaran sedangkan barang yang dipesan tidak tersedia, maka Prelo akan melakukan pengembalian uang.
  1. Pembayaran
  1. Pembeli atau Penyewa hanya dapat melakukan pembayaran lewat layanan pembayaran yang disediakan Prelo.
  2. Nilai pembayaran harus dilakukan sesuai dengan jumlah yang tertera di perintah pembayaran. Jika nilai transaksi yang diterima oleh Prelo tidak sesuai, maka Prelo berhak untuk menolak pembayaran.
  3. Untuk setiap kelebihan uang yang dikirimkan ke sistem, Prelo tidak dapat mengembalikan uang tersebut dalam bentuk semula. Prelo akan mengganti nilai tersebut menjadi Prelo Balance.
  4. Segala bentuk keterlambatan pembayaran dan biaya tambahan yang timbul akibat masalah perbedaan bank yang digunakan oleh kedua belah pihak (Pembeli atau Penyewa dan Prelo) merupakan tanggung jawab Pembeli atau Penyewa.
  5. Pembeli atau Penyewa wajib melakukan transaksi pembayaran dalam jangka waktu 12 jam setelah melakukan pemesanan barang di Prelo. Jika tidak, Prelo akan membatalkan pesanan tersebut secara otomatis.
  6. Pembeli atau Penyewa wajib melakukan konfirmasi pembayaran maksimum 12 jam setelah melakukan pemesanan barang di Prelo. Jika tidak, Prelo berhak untuk tidak mengakui pembayaran yang telah dilakukan tersebut.
  1. Penerimaan Barang
  1. Pembeli atau Penyewa wajib melakukan konfirmasi penerimaan barang dengan cara memberikan review kepada Penjual atau Pemilik Barang maksimum 3 hari (3x24 jam) setelah menerima barang dari penjual. Jika tidak, Pembeli atau Penyewa tidak lagi berhak mengajukan pengembalian barang.
  2. Jika status transaksi sudah berubah menjadi “Diterima” namun Pembeli atau Penyewa belum menerima barang, akan ada tambahan waktu 3x24 jam (Waktu Jaminan Prelo, lengkapnya: https://prelo.co.id/blog/new-prelo-waktu-jaminan-prelo/).
  3. Pembeli atau Penyewa memahami bahwa segala bentuk keterlambatan pengiriman merupakan tanggung jawab Penjual atau Pemilik Barang serta perusahaan logistik (jasa pengiriman barang). Penjual atau Pemilik Barang di Prelo hanya diperkenankan untuk menggunakan jasa pengiriman yang dilengkapi dengan fasilitas pelacakan. Hal ini akan mempermudah Pembeli atau Penyewa untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman barang tersebut.
  4. Segala bentuk pengembalian barang dan pengembalian uang akan ditetapkan kemudian atas keputusan dari Tim Prelo.
  1. Pembatalan Pesanan
  1. Prelo akan secara otomatis membatalkan pemesanan barang jika Pembeli atau Penyewa belum melakukan pembayaran dan belum melakukan konfirmasi pembayaran terhitung 12 jam setelah pemesanan dilakukan.
  2. Prelo akan secara otomatis melakukan pembatalan pemesanan jika Penjual atau Pemilik Barang tidak melakukan konfirmasi pengiriman dalam waktu 3 hari (3x24 jam).
  3. Pembeli atau Penyewa tidak bisa secara langsung pembatalan pesanan. Untuk melakukan pembatalan pesanan, Pembeli atau Penyewa harus langsung menghubungi Penjual atau Pemilik Barang melalui fitur Chat yang sudah disediakan.
  1. Pengembalian Barang
  1. Pengajuan Pengembalian Barang pada Transaksi Jual-Beli dan Sewa
  1. Pembeli atau Penyewa dapat mengajukan pengembalian pesanan dalam jangka waktu tiga hari (3x24 jam) sejak status barang menjadi "Diterima". Pengembalian barang ini hanya dapat dilakukan atas pertimbangan dari Tim Prelo dan terbatas pada alasan-alasan sebagai berikut:
  1. Barang terbukti tidak original (KW).
  2. Barang memiliki cacat yang tidak diberitahukan sebelumnya.
  3. Barang yang dikirim bukan barang yang dipesan.
  1. Proses pengembalian barang dapat dilakukan dengan cara menggunakan fasilitas Refund yang terdapat di aplikasi Prelo atau menghubungi Customer Service Prelo.
  2. Jika Penjual atau Pemilik Barang tidak melakukan konfirmasi terhadap permintaan pengembalian barang setelah 3 hari (3x24 jam) terhitung sejak Pembeli atau Penyewa mengajukan permintaan, maka Prelo akan melakukan proses pengembalian uang langsung kepada Pembeli atau Penyewa.
  3. Pengembalian uang untuk barang yang dikembalikan hanya akan diproses jika barang yang ingin dikembalikan sudah diterima kembali oleh Penjual atau Pemilik Barang. Untuk itu, Pembeli atau Penyewa wajib melakukan pengiriman lewat jasa pengiriman yang menyediakan layanan pelacakan status pengiriman. Pengiriman barang dilakukan maksimal 3x24 jam terhitung dari pemberian alamat pengembalian.
  4. Biaya pengiriman kembali barang ke Penjual atau Pemilik Barang ditanggung sepenuhnya oleh Pembeli atau Penyewa.
  1. Persetujuan/Penolakan terhadap Pengajuan Pembeli atau Penyewa
  1. Penjual atau Pemilik Barang wajib melakukan konfirmasi persetujuan atau penolakan terhadap permintaan pengembalian barang dengan memberikan persetujuan atau penolakan dalam jangka waktu tiga hari (3x24 jam) setelah Pembeli atau Penyewa mengajukan pengembalian barang. Penjual atau Pemilik Barang berhak untuk menolak penukaran atau pengembalian barang jika ada alasan yang dapat dibenarkan oleh Prelo.
  2. Jika Penjual atau Pemilik Barang tidak melakukan konfirmasi sesuai dengan ketentuan di atas, maka Prelo akan mengembalikan uang Pembeli atau Penyewa dan proses transaksi kepada Penjual atau Pemilik Barang tidak akan diteruskan.
  3. Biaya pengiriman kembali barang ke Penjual atau Pemilik Barang ditanggung sepenuhnya oleh Penjual atau Pemilik Barang.
  1. Pengembalian Uang (Refund)

Pengembalian uang dapat dilakukan dalam kondisi sebagai berikut:

  1. Pengembalian uang dapat dilakukan jika tidak ada konfirmasi pengiriman oleh Penjual atau Pemilik Barang dalam waktu tiga hari (3x24 jam) setelah proses transaksi memasuki status "Dibayar".
  2. Pengembalian uang dapat dilakukan jika Penjual atau Pemilik Barang gagal memenuhi pemesanan yang dilakukan oleh Pembeli atau Penyewa karena berbagai alasan seperti barang terjual di tempat lain, keterbatasan pengiriman, dan sebagainya.
  3. Pengembalian uang dapat dilakukan jika barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi barang yang dipesan. Tindakan ini hanya dilakukan atas persetujuan dari Penjual atau Pemilik Barang.
  4. Pengembalian uang dapat dilakukan jika Pembeli atau Penyewa mengirimkan uang dalam jumlah lebih dari harga barang. Namun pengembalian ini hanya dapat diberikan dalam bentuk Prelo Balance.
  5. Ketentuan:
  1. Uang akan dikembalikan senilai dengan transaksi yang dilakukan oleh Pembeli atau Penyewa dengan Prelo, namun dipotong biaya administrasi yang dibutuhkan untuk transfer via bank (apabila rekening Pengguna di luar Bank Mandiri, BCA, BRI, dan BNI). Pengembalian uang ke rekening Mandiri, BCA, dan BNI BEBAS BIAYA. Pembeli atau Penyewa tidak akan dikenai biaya administrasi jika pengembalian dilakukan dalam bentuk Prelo Balance.
  2. Bila ada tambahan biaya untuk pengiriman uang dengan tujuan rekening yang berbeda dengan rekening bank yang digunakan oleh Prelo, akan menjadi tanggungan Pembeli atau Penyewa.
  3. Prelo menyediakan berbagai opsi pengembalian uang yakni:
  1. Pengembalian uang dapat dilakukan lewat transfer ke rekening bank Pembeli atau Penyewa.
  2. Pengembalian uang dapat dilakukan dengan mengganti nilai uang tersebut menjadi Prelo Balance. Prelo Balance ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran berikutnya di Prelo. Substitusi nilai uang yang menjadi Prelo Balance tidak akan dipotong biaya administrasi apapun. Silakan baca informasi lebih lanjut tentang Prelo Balance.
  3. Pengembalian transaksi yang dilakukan dengan Prelo Balance hanya dapat dikembalikan dalam bentuk Prelo Balance.
  4. Pengembalian transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit akan dikembalikan ke dalam bentuk Prelo Balance.
  5. Proses pengembalian uang akan dilakukan oleh Prelo dalam waktu maksimal 3 hari (3x24 jam).
  1. Rekonsiliasi

Rekonsiliasi merupakan fitur Prelo khusus untuk transaksi sewa. Fitur ini berfungsi untuk memastikan transaksi berjalan dengan aman dan lancar bagi pihak Pemilik Barang maupun Penyewa. Rekonsiliasi dapat dilakukan dalam kondisi sebagai berikut:

  1. Rekonsiliasi dilakukan pada saat proses penyewaan sudah selesai. Rekonsiliasi dilakukan pada saat pengembalian barang kepada Pemilik Barang tidak berhasil.
  2. Rekonsiliasi dapat dilakukan jika barang yang diterima oleh Pemilik Barang tidak sesuai dengan keadaan awal saat barang disewakan kepada Penyewa.
  3. Proses Rekonsiliasi akan dibantu oleh Customer Service dari Prelo dengan menghubungkan Pemilik Barang dengan Penyewa.
  4. Segala keputusan yang diambil pada proses Rekonsiliasi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
  1. Lain-lain

Prelo berwenang mengambil keputusan atas permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan antara Penjual dengan Pembeli atau Pemilik Barang dengan Penyewa. Prelo akan mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Prelo merupakan keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual, Pemilik Barang, Pembeli, dan Penyewa untuk mematuhinya.

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat tidak sepahamya Penjual atau Pemilik Barang dan Pembeli atau Penyewa tentang harga bukan merupakan tanggung jawab Prelo.

  1. Peringatan

Prelo berhak memberikan sanksi seperti pembekuan dan/atau pemblokiran akun dan transaksi didalamnya kepada Penjual atau Pemilik Barang maupun Pembeli atau Penyewa yang melakukan hal sebagai berikut:

  1. Melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Indonesia.
  2. Mencantumkan situs maupun forum tempat berjualan lainnya di aplikasi Prelo, seperti di deskripsi Shop, kolom Comment, dan fitur Chat.
  3. Menggunakan kata-kata yang tidak sesuai dengan norma dan menyinggung pengguna lain di aplikasi Prelo, seperti di kolom Comment maupun fitur Chat.
  4. Membuat akun Prelo dengan tujuan menyalahgunakan peraturan dan/atau kebijakan Prelo lainnya, termasuk jika akun tersebut sudah diperjualbelikan atau dipindahtangankan.
  5. Melakukan manipulasi transaksi dengan tujuan menyalahgunakan peraturan dan/atau kebijakan Prelo lainnya.
  1. Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab

Prelo adalah platform perdagangan yang aman dan interaktif yang tersedia melalui aplikasi mobile dan web untuk umum. Prelo merupakan Customer-to-Customer Marketplace yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual atau Pemilik Barang maupun Pembeli atau Penyewa. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar Pengguna Prelo, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Prelo secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa aplikasi mobile dan web.

Prelo selalu berupaya untuk menjaga layanan Prelo aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke layanan kami dapat selalu sempurna. Karena itu, terdapat kemungkinan terjadi perbedaan informasi dan data dalam situs Prelo.

Pengguna setuju bahwa pemanfaatan layanan Prelo dilakukan atas risiko Pengguna sendiri, dan layanan Prelo diberikan kepada Pengguna pada “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.

Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Prelo (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, Karyawan, Komisaris, dan Pemegang saham) adalah tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut Prelo bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

  1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Prelo.
  2. Harga, pengiriman, atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan Prelo.
  3. Keterlambatan atau gangguan dalam layanan Prelo.
  4. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
  5. Kualitas Barang.
  6. Pengiriman Barang.
  7. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI).
  8. Perselisihan antar Pengguna.
  9. Pencemaran nama baik pihak lain.
  10. Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
  11. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke rekening bersama Prelo, yang dengan cara apa pun mengatasnamakan Prelo ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
  12. Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Penyewa dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur penyewaan.
  13. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses atau menghubungkan ke layanan Prelo.
  14. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam layanan Prelo.
  15. Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap layanan Prelo.
  16. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Barang yang ada dalam situs Prelo yang diduga palsu.
  17. Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
  18. Tautan dari dan ke situs Prelo.
  19. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.
  1. Pelepasan

Jika Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Pengguna melepaskan Prelo (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, Karyawan, Komisaris, dan Pemegang Saham) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian, Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum lainnya) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

  1. Ganti Rugi

Pengguna akan melepaskan Prelo (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, Karyawan, Komisaris, dan Pemegang Saham) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan layanan Prelo yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

  1. Pilihan Hukum

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

  1. Pembaharuan

Syarat & Ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Prelo menyarankan agar Pengguna membaca secara saksama dan memeriksa halaman Syarat & Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan yang ada. Dengan mengakses dan menggunakan layanan Prelo, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.