0
0

Stroller Second - Aneka Dorongan Bayi

Stroller Bekas

Sejak tahun 1733 silam, stroller sebenarnya sudah ada di muka bumi ini. Meski pada masa itu kereta bayi dorong masih berbentuk primitif karena mirip tempurung, namun fungsinya tetap saja sama dari dulu hingga kini, yakni untuk menampung bayi dan memudahkan orang tua sehingga tak perlu lagi menggendong buah hatinya terus-menerus saat bepergian.

Jenis Stroller Bekas

Seiring berkembangnya zaman, maka stroller yang dulunya hanya mengandalkan bahan kayu, kini sudah dibikin dalam konsep yang lebih simple dan modern. Ditinjau dari jenisnya, kereta bayi dorong terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari yang ukuran standar. Meski diciptakan dengan beragam desain, namun ciri khas stroller standar adalah bagian kursi empuknya bisa diatur sehingga dapat membentuk posisi yang berlainan.

Berbeda dengan versi standar, lightweight stroller tidak dilengkapi dengan bantalan empuk dan di dalamnya, anak hanya bisa berada dalam posisi duduk bersandar saja. Kereta bayi dorong yang juga sering disebut sebagai umbrella stroller tersebut lebih compact karena bisa dilipat, dan bobotnya pun tak melebihi 6 kg.

Jenis kereta bayi dorong berikutnya adalah car seat stroller frame, yang memuat frame dari bahan logam ringan untuk menampung car seat. Tanpa perlu mengangkat tubuh buah hati secara langsung yang mana beresiko membangunkannya, Anda tinggal memindahkan dan menaruh car seat dari dalam mobil ke atas stroller frame. Meski bentuknya sedikit rumit, namun frame yang bisa dilipat tersebut tetap praktis dan tidak perlu banyak ruang untuk membawa/ menyimpannya.

Travel system merupakan jenis stroller yang lebih besar dan berat ketimbang stroller frame, namun meski lebih mahal, ketika bayi kian membesar dan tidak lagi muat dalam car seat, jenis kereta bayi dorong ini masih bisa dipakai.

Dan tipe kereta bayi dorong terakhir yang kita bahas adalah jogging stroller yang pas bila digunakan untuk perjalanan jauh atau menanjak karena memuat 3 roda. Beberapa tipe jogging stroller bahkan dapat menampung 2 anak sekaligus entah itu dengan posisi depan belakang atau berdampingan. Dan bila masih ada lagi anak yang harus dibawa, maka triple stroller yang dapat menampung 3 anak sekaligus bisa menjadi pilihan.  

Cara Memilih Stroller Bekas Yang Aman

Dalam memilih kereta dorong, kita tidak bisa hanya mengamati dari segi harga atau merk-nya saja. Tingkat keamanan dan kebutuhan perlu menjadi pertimbangan juga. Soal rem misalnya, pilihlah stroller yang dapat mengunci kedua roda sekaligus, dan pastikan bahwa rem tersebut jauh dari jangkauan buah hati.

Jumlah sabuk pengaman yang ada pada stroller juga harus dipertimbangkan. Untuk anak yang usianya lebih kecil, sebaiknya pilih stroller dengan sabuk pengaman 5 poin, namun bila sudah cukup besar, maka Anda bisa membeli yang 3 poin.

Sama seperti kereta lainnya yang memiliki batasan bobot, maka stroller juga demikian. Bila berat badan anak melebihi kapasitas yang ditentukan stroller, maka hal itu dapat membahayakan karena membuat jalannya kereta bayi dorong menjadi tidak stabil.

Sesuaikan pula pegangan stroller dengan tinggi badan Anda. Posisi pegangan paling ideal adalah di pinggang atau yang sedikit lebih rendah dari itu. Bila ragu, carilah stroller yang handle-nya bisa disetel ulang.

Jika ingin stroller dapat digunakan untuk jangka waktu lama, maka pilihlah yang kursinya mudah disesuaikan. Saat buah hati masih di bawah 6 bulan, maka pastikan posisinya selalu dalam keadaan hampir berbaring saat berada dalam stroller karena anak masih belum bisa menyangga kepalanya sendiri.

Dan tak hanya tubuh yang seringkali perlu ditopang, namun kaki juga. Bila ingin memberikan kenyamanan ekstra pada buah hati, jangan segan mencari stroller yang memuat tempat penampung kaki juga. Yang terakhir adalah pilihlah kereta bayi dorong yang bagian kanopinya bisa dibongkar-pasang karena tipe ini lebih mudah untuk dibersihkan.

Alasan Membeli Stroller Bekas

Harga stroller baru bermerk seringkali tidak menunjukkan deretan nominal yang bersahabat dengan kantong orang tua. Bila masih banyak kebutuhan buah hati lainnya yang masih harus dipenuhi, namun Anda dan pasangan merasa sangat membutuhkan bantuan kereta bayi, maka jangan segan mencari stroller bekas guna memudahkan aktivitas dan perjalanan Anda.