0
0

Sepatu Futsal Second - Sepatu Futsal Ori

Sepatu Futsal

Di saat menendang bola usai jam kantor tidak mungkin dilakukan di lapangan rumput yang luas karena berbagai alasan seperti angin malam yang kurang ramah hingga minimnya pencahayaan saat malam, maka olahraga futsal-lah yang biasanya dipilih sebagai alternatif.

Meski sepintas olahraga ini mirip dengan sepakbola, namun permainan yang pertama kali dimainkan di Uruguay pada tahun 1930 tersebut tetap memiliki beberapa perbedaan mendasar, di antaranya jumlah pemain yang hanya 5 orang dalam 1 tim, dan permainan umumnya dilakukan dalam ruangan.

Perbedaan Sepatu Futsal & Sepatu Bola

Karena tidak sama dengan olahraga sepakbola yang notabene dilakukan di lapangan outdoor berumput, maka jenis sepatu yang dipakai untuk permainan futsal juga memiliki berbeda dengan sepatu bola lain pada umumnya.

Pada bagian dasar misalnya, tekstur sepatu futsal cenderung rata, tidak dilengkapi dengan pul seperti pada sepatu bola yang rata-rata memiliki minimal 6 buah pul. Hal ini dikarenakan medan lapangan futsal rata-rata memakai rumput sintetis dan bukan rumput asli, sehingga keberadaan pul untuk berpijak di atas tanah yang keras tidak terlalu dibutuhkan.

Dan karena tekstur rumput sintetis biasanya lebih soft, maka outsole sepatu futsal yang biasanya menggunakan material karet juga dibuat tidak terlalu keras. Maka dari itu tak heran bila sepatu futsal lebih mudah ditekuk ketimbang sepatu bola. Jadi meski desain sepatu futsal bagian atas memang mirip dengan sepatu bola, namun area bawahnya lebih menyerupai sepatu badminton atau yang dipakai dalam olahraga voli.

Tips Memilih Sepatu Futsal

Lalu bagaimana cara memilih sepatu futsal yang baik? Hal pertama yang tentu harus menjadi pertimbangan adalah modelnya. Coba amati bentuk kaki Anda lebih dulu sebelum membeli sepasang sepatu futsal, apakah melebar atau tetap slim hingga jari-jari kaki? Bila kaki cenderung melebar pada bagian jarinya, hindari memilih sepatu futsal model slim karena pasti tidak nyaman saat dipakai. Sebaliknya, pilihlah model sepatu futsal wide-fit, misalnya seperti Adidas Adiseries, Nike Gato Series, dan lain-lain. Jangan membeli sepatu futsal Adidas Fseries atau Nike Elastico karena tipe sepatu ini cenderung slim-fit, sehingga tidak cocok untuk kaki lebar Anda.

Bagian punggung atas sepatu, lebih sering disebut upper, juga sangat menentukan seberapa nyamannya sepatu ketika dipakai bermain. Dibanding upper berbahan sintetik, upper dari material kulit dirasa lebih nyaman karena teksturnya yang bisa beradaptasi dengan kaki pemakai. Saat membeli sepatu futsal, tekan bagian upper tersebut, bila lentur dan mengerut dengan mudah maka bisa dipastikan itu terbuat dari kulit.

Hal berikutnya yang harus dipikirkan adalah apakah sepatu tersebut lebih ke tipe indoor atau turf? Meski hanya menyangkut masalah fungsi, namun bila Anda lebih banyak bermain futsal di lapangan semen, taraflex atau vynil, maka pilihlah alas kaki jenis indoor. Namun bila menginginkan daya cengkeram yang lebih kuat, maka sepatu futsal tipe turf bisa jadi pilihan.

Faktor terakhir yang juga tak bisa diabaikan adalah masalah budget. Karena harga sepatu futsal yang tidak murah, maka sebagian pengguna terkadang lebih memilih sepatu futsal KW atau replika. Namun beda kualitas tentu beda kenyamanan dan ketahanan bukan?

Alasan Membeli Sepatu Futsal Second

Untuk itu bila dana memang terbatas, sebaiknya Anda tidak membeli sepatu futsal KW atau fake, cari saja sepatu futsal second bermutu yang masih bisa dikenakan. Selain harganya murah, kualitasnya dan tingkat kenyamanannya biasanya lebih terjamin ketimbang sepatu futsal replika.