0
0

Samsung E5 Second

Samsung E5 resmi diluncurkan ke pasaran pada bulan Januari 2015 lalu. Sama seperti smartphone lain, phablet yang sudah memuat konektivitas dual SIM GSM ini pastilah memiliki kelebihan maupun kekurangan. Berikut akan kita bahas bersama, apa saja kira-kira keunggulan maupun kelemahan Samsung Galaxy E5 tersebut.

Kelebihan Samsung E5 Second

Dari segi layarnya, ponsel berukuran 5 inci ini hadir dalam konsep multitouch screen dengan resolusi layar Super AMOLED HD, 1280 x 720. Berkat tingkat kerapatannya yang menyentuh titik ~294 ppi, maka tampilan layarnya mampu menayangkan 16 juta warna sekaligus. Teknologi tersebut tentu membuat hasil gambar lebih tajam dan juga bening.

Gadget yang memuat RAM sebesar 1,5 GB tersebut juga dipersenjatai dengan prosesor 1.2 GHz quad-core. Memori internalnya sendiri sebenarnya sudah cukup besar yakni 16GB. Namun bila Anda merasa masih kurang, maka ruang simpannya bisa ditambah lagi dengan membeli memori eksternal berupa microSD card up to 64GB.

Resolusi kamera belakangnya yang sebesar 8MP (setara dengan 3264 x 2448 px) sudah dilengkapi dengan autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, panorama, hingga face detection.

Sementara kamera 5MP yang terdapat pada bagian depan Samsung Galaxy E5, memuat fitur Wide Selfie yang berjasa untuk memudahkan pengguna agar bisa berselfie ria dengan banyak teman dalam sekali jepret. Tak perlu harus selalu menyentuh layar gadget, perintah suara atau gestur telapak tangan pun sudah bisa diberdayakan jika Anda ingin mempercepat proses pengambilan gambar.

Dan bila Anda ingin hasil foto wajah tampak lebih oke, maka manfaatkan saja fitur Mode Beautifying yang bisa membuat tampilan wajah terlihat lebih menawan. Konektivitas lain yang disematkan dalam Samsung E5 antara lain Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS.

Kekurangan Samsung E5 Second

Setelah menjabarkan beberapa kelebihan Samsung E5, kini saatnya menengok kelemahan apa saja yang ada pada telepon pintar satu ini. Untuk sistem Android misalnya, yang terselip dalam gadget ramping berukuran 141.6 x 70.2 x 7.3 cm tersebut masih memakai tipe Kit Kat (v4.4.4) dan bukannya Lollipop.

Dari segi baterainya, ponsel berbobot 140 gram tersebut menggunakan baterai jenis tanam yang bersifat non removable dengan kapasitas 2400 mAh saja. Namun pengguna tak perlu khawatir bila baterai dalam kondisi sekarat karena Ultra Power Saving mode yang terkandung di dalamnya akan membuat ponsel tetap aktif saat diperlukan.

Sayangnya smartphone yang belum dilengkapi jaringan 4G tersebut juga tidak memuat fitur USB OTG sehingga pengguna harus memindahkan data dari HP ke laptop atau komputer lebih dulu bila ingin menyimpannya dalam USB. Varian casing asli untuk Samsung E5 juga terbatas pada warna netral seperti hitam, putih, dan coklat.

Kelemahan lain dari Samsung Galaxy E5 adalah layarnya belum dilapisi dengan pelindung layar sehingga pengguna harus menambahkan screen protector sendiri. Ganjalan terakhir adalah dari semua spesifikasi yang disebutkan di atas, harga jual Samsung E5 boleh dibilang tergolong mahal karena masih berkutat di atas Rp3 jutaan untuk 1 unitnya.

Mengapa Membeli Samsung E5 Second?

Harga yang mahal jelas menjadi alasan nomor 1 mengapa konsumen khususnya kelas menengah (ke bawah) kesulitan bila ingin memiliki Samsung E5. Akan tetapi, untunglah ada Samsung E5 versi second yang bisa dimiliki hanya dengan merogoh kocek mulai Rp2 jutaan, tergantung dari kondisi dan ketentuan penjualnya.