0
0

Rak Sepatu

Ada berbagai alasan mengapa beberapa orang rela merogoh kocek dalam untuk membeli lemari khusus sepatu. Harga alas kaki bisa jadi salah satunya, karena deretan sandal atau sepatu yang sudah kadung dibeli dengan harga mahal, wajib diperhatikan juga teknik penyimpanannya supaya tetap awet. Faktor kerapian serta agar rumah lebih indah juga menjadi alasan berikutnya, apalagi kalau bentuk rak cukup unik untuk dijadikan item dekorasi.

Jenis Rak Sepatu

Sebenarnya ada banyak benda di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk membuat rak sepatu, selama bahannya cukup kuat dan tebal sehingga mampu menyangga alas kaki dengan baik. Beberapa bahan yang umum digunakan untuk membuat rak sepatu adalah:

Rak Sepatu Kayu

Kayu merupakan bahan rak atau lemari sepatu yang paling banyak peminatnya. Selain alami, kayu jelas dapat menjadi landasan kuat untuk belasan pasang alas kaki yang diletakkan di atasnya. Bentuk rak sepatu dari bahan ini juga bermacam-macam, tergantung dari selera atau jiwa seni seseorang.

Rak Sepatu Besi

Bahan kedua yang kerap digunakan untuk memajang koleksi sepatu adalah besi. Entah itu menggunakan bahan logam murni, atau dikombinasikan dengan kayu, rak sepatu dari besi teruji kekuatan dan keawetannya. Kelebihan bahan besi lainnya adalah tak mudah lapuk atau berjamur seperti kayu, bila terkena air.

Rak Sepatu Pipa

Limbah pipa bekas yang dipotong dengan ukuran sama dapat diberdayakan sebagai rak sepatu yang selain praktis, ekonomis, juga bernilai artistik. Anda bisa memasukkan setiap pasang sepatu dalam masing-masing pipa bila ukuran diameternya cukup besar, atau menyusun dan merekatkan pipa-pipa kecil hingga terbentuk seperti rak sepatu yang diinginkan. Setelah itu, jangan lupa untuk mengecat ulang pipanya untuk tampilan lebih menawan.

Rak Sepatu Gabus

Meski rapuh namun bahan yang kerap dimanfaatkan untuk menyimpan makanan panas atau hangat ini juga dapat diberdayakan sebagai wadah penyimpan sepatu. Tinggal cat ulang gabus dengan warna yang diinginkan untuk menambah nilai keindahannya.

Rak Sepatu Kardus

Punya kardus bekas berukuran besar dan berbahan tebal di rumah? Jangan buang itu, karena Anda dapat menyulapnya sebagai lemari penyimpan sepatu yang murah meriah dan ekonomis. Tinggal tambahkan sekat-sekat dalam kardus sebagai rak sepatunya agar alas kaki dapat tersimpan rapi di dalamnya.

Rak Sepatu Kotak

Di berbagai toko, saat ini sudah banyak dijual kotak-kotak bening dari bahan mika sebagai box penyimpan sepatu. Selain alas kaki terjaga kebersihannya, Anda juga tak perlu bingung mencari sepatu yang ingin dipakai, karena warna transparannya sangat memudahkan untuk mencari sepatu dengan cepat.

Rak Sepatu Plastik

Tak selamanya rak sepatu harus ‘mendarat’ di lantai, Anda juga dapat menyimpan alas kaki dalam rak sepatu gantung. Meski tidak sepenuhnya dari plastik mika tebal, rak yang juga memakai bahan parasit dan karton tebal ini dilepas ke pasaran dengan harga cukup murah. Warna-warni produk yang memikat mata dan mempercantik ruangan juga menjadi alasan mengapa rak ini banyak peminatnya.

Tips Membeli Rak Sepatu Second

Percaya atau tidak, rak sepatu yang dimiliki seseorang turut berbicara tentang selera pemiliknya, misalnya apakah ia menyukai seni, atau justru merupakan tipe orang cuek, hemat, maupun praktis. Karena kita bisa membuat sendiri rak sepatu yang dibutuhkan, maka mungkin tak perlu banyak dana untuk prosesnya.

Akan tetapi bila Anda merasa malas untuk membuatnya sendiri dan ingin membelinya, maka ada beberapa hal yang perlu diingat. Sebelum membeli, hitung dulu berapa pasang alas kaki yang ingin disimpan dalam rak tersebut. Langkah berikutnya adalah tentukan di mana Anda ingin memposisikan rak tersebut agar body rak nantinya muat saat ditaruh di space tersebut. Setelah itu, Anda pun siap berburu rak sepatu, entah itu melalui online atau menjelajah toko-toko. Bila ada rak sepatu artistik second yang kemudian Anda minati, jangan ragu untuk membelinya selama itu masih bagus dan bisa dipakai.