0
0

Printer Second - Aneka Printer Second

Printer Second

Pernahkah Anda membayangkan, apa jadinya kehidupan seorang pekerja atau mahasiswa bila tidak ada printer? Mereka tentu masih harus bersusah payah membuat tugas maupun hasil laporan dengan tulisan tangan atau mesin tik, dan itu pasti melelahkan karena tidak efisien sama sekali.

Namun untungnya, piranti keras ini sudah ada sejak abad 19 silam. Keberadaan printer yang semakin canggih, rapi, dan cepat dalam hal mencetak hand out membuatnya mampu menggusur keberadaan mesin tik.

Tips Memilih & Merawat Printer Second

Tak hanya sekedar bisa mencetak dokumen dengan tinta hitam putih saja, kini printer bahkan dapat diberdayakan untuk mencetak foto berwarna ukuran besar, scanning/ pemindaian, maupun fotokopi. Ya, dari 1 alat saja, seseorang bisa menentukan sendiri hasil printing seperti apa yang diinginkannya. Bila saat ini, Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli printer, maka simak beberapa tipsnya supaya jenis printer yang dipilih tepat sasaran nantinya.

Sesuaikan Kebutuhan

Semakin komplit dan canggih fitur yang terdapat pada sebuah printer, maka kian mahal pula harganya. Oleh sebab itu, definisikan lebih dulu kebutuhan Anda sebelum membeli printer. Bila hanya untuk mengeprint dokumen biasa, maka printer deskjet dengan cardritge biasa merupakan tipe yang tepat karena lebih awet dan perawatannya juga mudah. Akan tetapi, bila Anda memerlukan printer yang lebih multiguna, maka pilihlah jenis laser yang biasanya dilengkapi dengan tinta berwarna.

Kenali Perbedaannya

Printer untuk kebutuhan rumahan pun berbeda dengan kantor. Biasanya printer untuk kantor memiliki bandrol harga yang lebih murah, di bawah sejutaan, dengan kecepatan printer tinggi. Sementara untuk printer rumahan juga memiliki keunggulannya sendiri di antaranya tinta yang tidak cepat habis karena penggunaannya pastilah tidak se-intens di kantor, cartridge-nya juga pasti lebih awet karena sistem infus membuat pengguna tak perlu melakukan pasang-cabut bila ingin mengisinya. Namun harga printer infus macam ini umumnya lebih mahal.

Merk Turut Menentukan

Harus diakui bahwa untuk urusan printer, merk memang memegang peranan penting. Ada baiknya Anda membeli printer dengan brand yang memang sudah tersohor kualitasnya misalnya seperti HP, Epson, Canon, dll. Dari ketiga merk tersebut, Epsonlah yang paling bagus, namun bila ingin mendapatkan yang paling murah, Canon jawabannya. Sementara HP berada di posisi tengah, di antara keduanya.  

Ujilah Printer Sebelum Dibeli

Bila sudah menemukan printer bekas bermerk yang diinginkan, periksalah lebih dulu kondisi fisik dari printer tersebut. Tanyakan secara jelas kepada pemilik lama mengenai keadaan printer yang akan dijualnya tersebut, dan bila mungkin, ujilah dengan melakukan beberapa kali printing.

Umumnya printer masih berada dalam kondisi bagus bila hasilnya bagus dan kecepatan cetaknya tidak lebih dari 5 menit. Anda juga berhak untuk bertanya soal keaslian mesin dan cartridge-nya, serta apakah printer tersebut sudah pernah rusak/ tidak.

Perhatikan Perawatannya

Hindari meletakkan printer di area yang terlalu panas, dan sebisa mungkin gunakan tinta bermutu tinggi. Jangan meletakkan barang apalagi yang berbobot berat di atas printer. Dan bila sudah dipakai terlalu sering pada satu saat, istirahatkan printer beberapa waktu lamanya. Anda juga tidak disarankan ‘memaksa’ printer bekerja melebihi porsinya. Jika alat tidak mendukung hasil HD misalnya, jangan paksakan itu agar printer tidak cepat rusak.

Alasan Membeli Printer Second

Sedapat mungkin bila memiliki dana lebih, belilah printer baru karena hardware satu ini mudah sekali rusak bila kurang tepat perawatannya. Anda bisa melakukan survei harga lebih dulu sebelum memberikan tanda jadi untuk printer bekas incaran. Namun bila akhirnya hanya printer second yang ada dalam jangkauan budget saat ini, maka lakukan beberapa saran pengujian di atas sebelum membawanya pulang ke rumah.