0
0

Nintendo Second - Console Game Tendo Second

Nintendo Second

Di saat playstation atau Xbox belum muncul ke dunia, maka Nintendo-lah yang selalu setia menemani dan menghibur anak-anak sejak tahun 1970an lalu. Perusahaan yang berkecimpung di dunia video games, hiburan interaktif, dan peralatan elektronik tersebut memang cukup lanjut usianya karena didirikan kurang lebih 126 tahun silam. Dan hingga kini setelah melewati perjalanan yang sangat panjang, brand multinasional asal negeri sakura Jepang ini masih merupakan salah satu perusahaan video games terbesar di dunia.

Jika Anda penasaran dengan siapa pencipta video game Super Mario Bros, The Legend of Zelda, Metroid, bahkan Pokemon yang belakangan ini marak kembali, maka Nintendo-lah jawabannya. Nama merk yang didirikan oleh Fusajiro Yamauchi ini memiliki arti “leave luck to heaven”.

Produk Nintendo Second Dari Masa Ke Masa

Produk elektronik game Nintendo yang pertama kali dirilis di Jepang tahun 1977 muncul dalam wujud Color TV Game. Pada masa itu, meski barang tersebut termasuk mewah dan mahal karena tidak semua rumah memilikinya, namun Color TV Game berhasil mencatat angka penjualan tertinggi yaitu sekitar 3 juta unit.

Menyusul Color TV Game, lahirlah NES yang merupakan video game console 8-bit. Kemunculan NES pada tahun 1980an baik itu di Jepang maupun benua lain seperti Amerika dan Eropa menjadikannya paling populer karena dibundle dengan permainan Super Mario Bros. Satu dekade berlalu, dan NES seri 16-bit pun dirilis dan kemudian berkembang sehingga mampu menayangkan permainan dalam bentuk 3D.

Dan dikarenakan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, maka peralatan game yang ukurannya besar pun kian menyusut sehingga tampil lebih praktis. Berbeda dengan produk sebelumnya, Nintendo 64 hadir dengan tingkat graphics yang lebih tinggi yaitu 64-bit, dan merupakan home console pertama yang memuat grafis 3 dimensi. Melalui alat ini, para pengguna juga tidak perlu lagi bermain sendirian berkat adanya injeksi multiplayer di dalamnya.

Hampir sama praktisnya dengan Nintendo 64, GameCube yang dirilis tahun 2000an bahkan disebut-sebut mampu bersaing dengan PlayStation 2 (Sony) dan Xbox (Microsoft). Terus berinovasi dan pantang menyerah pastilah merupakan salah satu prinsip perusahaan yang berlokasi di Kyoto, Jepang, tersebut.

Tak berhenti membuat inovasi baru, game console yang lebih canggih yaitu Wii pun akhirnya dirilis pada musim liburan tahun 2006 lalu. Kelebihan Wii dibanding produk game Nintendo lain terletak pada kendalinya yang sudah melibatkan motion control. Dan sebagai penyempurna dari versi sebelumnya, Wii U pun hadir sebagai game console yang mendukung tampilan HD sehingga membuat penggunanya merasa hadir langsung dalam arena game yang dimainkannya. Hingga Maret 2016 lalu saja, tercatat penjualan Wii U di seluruh dunia mencapai 13 juta unit untuk hardware dan 84 juta unit untuk software-nya.

Dan baru-baru ini, pihak Nintendo sudah memberikan sedikit bocoran untuk produk game console terbarunya yang bertajuk “NX”. Rencananya game yang bakal dirilis ke seluruh dunia pada Maret 2017 mendatang tersebut akan hadir dengan konsep yang benar-benar baru.

Selain game console, Nintendo juga membuat Game & Watch yang meraih kepopulerannya pada tahun 1980-1990an lalu. Game yang hanya bisa dimainkan oleh 1 orang ini memiliki body kecil mirip HP yang bisa digenggam dan mudah dibawa ke mana saja. Selain Game & Watch; Game Boy serta Nintendo DS dan 3DS juga merupakan permainan portable bikinan Nintendo yang cukup booming.

Alasan Membeli Nintendo Second

Mungkin pada masa ini, agak sulit bagi Anda bila ingin mengenang masa tempo dulu dengan bermain Game & Watch, sebab beberapa game console dan portable sudah tidak lagi diproduksi oleh Nintendo. Akan tetapi, bila Anda memang ingin mengoleksi rangkaian game dari Nintendo, jangan segan untuk mencari versi second-nya yang mungkin tergolong barang langka.