0
0

Mesin Jahit - Perangkat Mesin Jahit Second

Mesin Jahit

Coba bayangkan bila tak ada mesin jahit di dunia ini. Para pemilik usaha konveksi pasti perlu waktu lama untuk dapat membuat ribuan helai pakaian karena para pekerjanya harus menjahitnya satu demi satu bagian busana secara manual. Namun untungnya hal itu tidak benar-benar terjadi. Dari masa ke masa, mesin jahit malah berinovasi dari segi bentuk, ukuran, maupun fungsinya.

Jenis Mesin Jahit

Jika zaman dulu mesin jahit masih harus mengandalkan tenaga manusia sebagai penggerak, maka di masa modern seperti sekarang, hal itu sudah tidak perlu lagi. Berdasarkan jenisnya, ada beberapa mesin jahit yang akan kita bahas berikut ini.

Mesin Jahit Tempo Dulu

Di antara Anda mungkin masih ada yang memiliki mesin jahit tradisional satu ini di rumah. Lengkap dengan perangkat meja dari kayu, dan roda berputar pada sisi kanan bawah, mesin jahit ini baru bekerja bila kedua kaki memainkan ‘pedal’nya.

Mesin Jahit Kecepatan Tinggi

Menggunakan mesin jahit tradisional memang masih oke bila untuk menjahit pakaian sendiri. Toh tak ada deadline kapan baju harus selesai, yang harus dikejar. Namun untuk pabrik atau usaha rumahan konveksi yang membutuhkan hasil banyak dalam waktu cepat, jenis mesin tersebut jelas kurang efisien.

Berkenaan dengan itu, dibuatlah mesin jahit berkecepatan tinggi (high speed) yang dapat menjahit hampir semua bahan pakaian. Hasil jahitan mesin yang dilengkapi dengan minyak dan motor listrik ini juga lebih rapi dan indah ketimbang mesin jahit tempo dulu.

Mesin Jahit Otomatis

Bukan hanya TV atau mesin cuci saja yang sudah canggih cara pengoperasiannya, mesin jahit juga. Bila Anda pernah melihat mesin jahit yang dilengkapi dengan layar bersistem komputerisasi, maka mesin jahit otomatislah yang Anda lihat waktu itu. Tinggal pencet tombolnya, maka mesin mampu otomatis memotong benang, mengunci jahitan, bahkan berhenti menjahit dengan sendirinya. Cara mengoperasikannya juga mudah dipelajari.

Mesin Jahit Obras

Mesin jahit ini berjasa untuk mengunci (overclocking & overedging) bagian ujung kain agar terlihat lebih rapi dan tidak berserabutan. Mesin ini biasanya diberdayakan pada tahap akhir penjahitan sebuah pakaian.

Mesin Jahit Pelubang Kancing

Beberapa busana memiliki kancing kecil-kecil, lainnya super besar. Ditinjau dari jenis lubang yang harus dibuat, mesin jahit lubang kancing diluncurkan dalam beragam model, tipe, harga dan ukuran.

Mesin Jahit Distro

Membubuhkan jahitan ganda pada pakaian dalam, kaos, bedcover, hingga tirai, kini tak perlu dilakukan dengan 2x kerja. Semua itu berkat jasa mesin jahit distro atau yang juga dikenal dengan istilah mesin jarum 2 rantai, tinggal sekali jalan, 2 jahitan berjajar sudah ada di depan mata. Soal jarak antara 2 jahitannya pun, bisa disesuaikan menurut kebutuhan karena setiap mesin umumnya dilengkapi dengan 5 tipe alat ukur.

Mesin Jahit Overdeck

Ingin menjahit diam-diam tanpa menimbulkan suara bising? Mesin jahit overdeck solusinya. Mesin dengan timing belt dan kecepatan tinggi tersebut dulunya memang dikhususkan untuk menjahit bahan kaos, namun sebenarnya mesin ini juga dapat menjahit bahan resleting nilon dan scallop. Hanya saja untuk perawatannya perlu usaha ekstra agar tak mudah aus karena mesinnya menggunakan sistem pelumasan otomatis tertutup.

Mesin Jahit Portable

Mesin jahit ini dapat dipindahkan ke tempat lain dengan mudah. Bagi Anda yang sering mengalami masalah dengan baju, entah itu kancing atau jahitan sering lepas, jangan segan membawa mesin jahit portable mini ke mana saja agar di saat darurat, pakaian dan penampilan dapat diselamatkan.

Alasan Membeli Mesin Jahit Second

Kita sudah menyimak beragam jenis mesin jahit berdasarkan tipenya. Semakin canggih mesin jahit, pastinya makin tinggi pula harganya. Meski beberapa mesin dapat diperoleh dengan harga murah, namun biasanya fungsinya terbatas saja.

Bila saat ini Anda ingin memulai usaha konveksi sendiri di rumah, maka tak perlu memaksakan diri untuk membeli mesin jahit baru. Selama bisa dipakai, masih banyak kok mesin jahit second berkualitas tinggi yang dapat diperoleh dengan harga jauh lebih murah ketimbang produk barunya.