0
0

Komik Bekas - Aneka Buku Komik Second Terbaru

Komik Bekas

Tak hanya serial drama Korea atau India saja yang dapat membangkitkan emosi penggemarnya, namun komik juga. Berbeda dengan bacaan lainnya seperti cerpen, cerber, atau novel, tampilan komik memang lebih menarik sebab selain disertai dengan gambar, kata-kata yang dimuat di dalamnya juga lebih sedikit karena hanya berbentuk narasi singkat dan percakapan saja. Hal ini membuat komik tak hanya menarik bagi anak-anak, namun juga para dewasa, sebab tak sedikit dari mereka yang tetap menggilai dan mengoleksi komik hingga sekarang.

Tips Memilih Komik Bekas

Dalam memilih judul komik yang tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satu yang paling penting tentunya adalah jalan ceritanya. Walau tampilannya menarik, akan tetapi tidak semua komik memiliki alur cerita yang mudah dipahami, apalagi kalau komik tersebut menggunakan bahasa asing dan belum ada versi terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Jadi sebelum membeli komik, sebaiknya Anda mencari tahu lebih dulu soal inti cerita yang disodorkannya, apakah genre-nya tersebut sesuai dengan selera Anda atau tidak? Anda dapat membaca inti ceritanya lebih dulu di bagian sampul belakang komik.

Setelah itu, tentukan apakah komik berwarna atau hitam putih saja yang ingin Anda miliki. Seperti yang kita ketahui bersama soal kemasan komik, baik dari segi tampilannya yang berwarna atau hitam-putih, hingga kualitas kertas yang dipakai, semua itu sangat berpengaruh terhadap harga komik. Umumnya komik dengan gambar berwarna dipatok dengan harga lebih mahal ketimbang hitam-putih biasa.

Hal berikutnya adalah menentukan apakah Anda berminat pada komik serial atau hanya bacaan lepasan yang tidak bersambung dikarenakan tak ingin bosan bila berlarut-larut dalam 1 judul cerita yang sama? Semua ini tentu kembali kepada selera dan minat Anda sebagai pembaca.

Trik Hemat Membeli Komik Bekas

Sekarang kita berada dalam posisi sudah menemukan judul komik yang menarik, namun tunggu dulu, jangan buru-buru membelinya. Luangkan waktu untuk membandingkan antara harga komik baru dan bekas. Bila bandrol-nya tak terlalu beda jauh, sebaiknya Anda membeli yang baru saja. Namun jika perbandingannya terlalu jauh, maka pilihlah versi bekas saja, apalagi bila komik tersebut cukup banyak serinya.

Untungnya penjual komik tak hanya ada 1 sehingga Anda bisa membandingkan harga yang ditawarkan antara toko yang satu dengan lainnya. Tak jarang beberapa toko menjual serial komiknya dengan harga bundle yang nilainya lebih murah jika dibanding bila membeli tiap serinya secara berkala.

Bila ada teman atau saudara yang sama-sama menyukai komik dan memiliki selera yang sama dengan Anda, maka tak ada salahnya untuk saling meminjamkan komik agar pengeluaran untuk hobi satu ini tidak terlalu besar.

Alasan Membeli Komik Bekas Yang Masih Bagus

Kalau serial komik bekas yang akhirnya menjadi pilihan, carilah yang kondisi fisiknya masih bagus meskipun Anda tergolong pembaca yang bertipe “sekali baca cukup”. Alasannya mudah, setelah selesai membacanya nanti, Anda bisa menjual kembali komik tersebut dengan harga bersaing. Dana yang diperoleh dari hasil penjualan nantinya bisa dipakai untuk membeli judul komik baru lainnya kan?

Saran lain yang mungkin bisa dilakukan dengan koleksi komik bekas di rumah adalah dengan membuka perpustakaan kecil-kecilan. Tak perlu membeli rak buku baru atau membuka pintu rumah untuk didatangi oleh peminat komik, Anda bisa memulainya dengan meminjamkan komik kepada teman-teman sendiri dengan harga yang lebih murah ketimbang perpustakaan lain pastinya.