0
0

Keywords Second - Aneka Keywords Second Terbaru

Keyboard

Ketika mendengar istilah keyboard disebut, benda apakah yang langsung terlintas dalam benak Anda? Apakah yang Anda pikirkan pertama kali adalah sejenis alat musik yang bentuknya mirip piano organ, ataukah justru papan ketik yang biasanya kita pakai untuk menginput tulisan dalam komputer?

Kedua jawaban di atas sama-sama tepat karena dilihat dari segi fungsi maupun fisik keseluruhannya, keyboard memang terbagi menjadi 2 jenis yakni keyboard piano dan keyboard komputer.

Lebih Detail Soal Keyboard Piano

Bicara soal piano keyboard, alat musik satu ini pun luas variannya. Keyboard piano yang dimainkan di rumah misalnya, fiturnya biasanya lebih sederhana dan tidak secanggih seperti yang ada di studio/ dapur perekaman.

Dalam memilih keyboard piano rumahan, Anda hanya perlu memilih yang mempunyai fitur Song/ Sequencer Midi saja agar bisa ber-karaoke, dan untuk speakernya cukup yang  internal saja, tidak perlu menggunakan sound system terpisah.

Hal tersebut tentu berbeda dengan keyboard piano studio yang wajib memuat fitur sound edit dan fasilitas midi. Dan bila memang diperlukan, carilah keyboard studio yang memiliki flat sound/ nature karena keberadaannya mampu mempermudah proses mixing.

Namun jika menginginkan jenis keyboard yang bisa dibawa bepergian, maka organ tunggal merupakan pilihannya. Meski bentuknya lebih compact ketimbang 2 jenis keyboard sebelumnya, namun alat ini sebenarnya cukup kompleks. Saat membeli organ tunggal, ada baiknya Anda mencari yang mampu mengakomodasi beragam jenis lagu. Perhatikan pula soal sound output-nya, apakah terdengar bagus baik di level low, mid, serta high. Satu lagi fitur yang juga diperlukan dalam organ tunggal adalah style editor. Dan perihal bobot keyboardnya, pilihlah yang sedang saja, jangan yang kelewat berat atau terlalu ringan.

Faktor selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jumlah tuts-nya. Bila Anda tak memerlukan part piano, maka tak usah membeli keyboard yang jumlah tuts-nya di atas 61 (5 oktaf). Hal penting lainnya adalah merk keyboardnya, apakah menyediakan garansi? Jangan lupa untuk memikirkan juga soal keberadaan service centre-nya sehingga bila keyboard sampai bermasalah, Anda tidak kebingungan soal reparasinya.

Jenis Keyboard Komputer

Beralih ke jenis keyboard kedua yang dipakai sebagai pendamping komputer, platform berisi huruf, angka, dan simbol ini pun masih dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan konektornya. Jenis konektor pada computer keyboard antara lain port USB (komputer terbaru), serial (AT), PS/2 (ATX), dan wireless yang biasanya dihubungkan melalui wifi, bluetooth, maupun infra red.

Ditinjau dari segi tombolnya, maka yang paling lazim dipakai saat ini adalah keyboard komputer dengan tampilan qwerty. Sesuai namanya, keyboard ini memuat deretan huruf q w e r t y sebagai 6 huruf berurutan di baris pertamanya. Layout keyboard kedua yang mirip dengan qwerty adalah dvorak. Namun tak seperti qwerty, dvorak memiliki kelemahannya sendiri yakni susunan hurufnya menyebabkan tangan kanan harus bekerja lebih ekstra ketimbang tangan kiri.

Tampilan keyboard lain yang mirip dengan qwerty dan dvorak adalah alphabetic. Menurut namanya, susunan huruf dalam platform ini berurutan sesuai abjad, dan biasanya jenis keyboard ini kerap ditemukan dalam mainan anak karena dapat membantu mereka belajar mengenal huruf.

Dan bila Anda pernah mendengar ilmu stenografi yang identik dengan menulis cepat, maka keyboard jenis stenotype-lah yang biasanya dipilih oleh wartawan untuk mencatat hasil interview dengan kilat. Tampilan keyboard lainnya yang mungkin tak terlalu lazim di tanah air namun adalah klockenberg, maltron, chord, palantype, dan numerik.

Hal Penting Ketika Membeli Keyboard Second

Saat memutuskan untuk membeli keyboard second, entah itu piano atau computer keyboard, Anda perlu mencobanya lebih dulu. Periksa dengan teliti kondisi fisik barangnya, dan apakah setiap tombol keyboard berfungsi dengan baik. Sebelum membeli, Anda sebaiknya juga melakukan survei tentang kelebihan, kekurangan, maupun harga supaya tahu ciri-ciri keyboard dengan merk tersebut.