0
0

Kebaya - Aneka Kebaya Second Bermerek

Kebaya Second

Selain busana batik, jenis pakaian tradisional yang menjadi sudah menjadi ikon dan ciri khas tanah air adalah kebaya. Zaman dulu, kebaya memang merupakan pakaian tradisional yang selalu dipakai para perempuan Jawa. Namun seiring berkembangnya zaman, kini siapa saja bisa mengenakan baju yang sudah dinobatkan sebagai busana nasional tersebut. Pada masa modern seperti sekarang, umumnya para wanita akan mengenakan pakaian kebaya untuk menghadiri acara penting seperti pesta pernikahan, kelulusan/ wisuda, dll.

Jenis Kebaya Second

Tak hanya terbatas pada 1 model saja, kebaya di Indonesia ternyata beragam jenisnya. Mari kita kenali perbedaan tiap jenis pakaian yang identik dengan kesan sopan tersebut lewat ulasan berikut ini.

Kebaya Jawa

Bila kebaya dengan model kerah V yang paling sering Anda kenakan selama ini, maka besar kemungkinan jenis kebaya tersebut berasal dari Jawa. Ciri lain dari kebaya asal Jawa adalah bahan kain luarnya yang tipis dan transparan (kadang polos, namun bisa juga disertai motif) kerap digunakan untuk melapisi stagen atau kemben di bagian dalamnya.

Kebaya Bali

Ciri khas kebaya Bali ada pada bagian pinggangnya yang dililiti obi. Bagian ini sering diberi pemanis bros, namun ada juga yang tampil plain tanpa sematan bros. Bahan brokat dan katun merupakan 2 jenis kain yang kerap dipakai untuk membuat kebaya Bali.

Kebaya Kartini

Pada era Kartini, kebaya satu ini biasanya hanya dikenakan oleh wanita keturunan ningrat. Jenis kebaya yang juga dipakai R.A Kartini dalam lukisan maupun fotonya tersebut, mempunyai tambahan lipatan yang membentuk garis vertikal pada area dadanya. Lipatan tersebut ternyata berguna karena dapat memberikan kesan tubuh lebih langsing dan tinggi.

Kebaya Encim

Dinamakan encim karena kebaya ini merupakan kolaborasi antara baju Shanghai dengan kebaya khas Melayu. Model kerah V yang ada pada kebaya encim biasanya dihiasi dengan bordir sampai bagian bawahnya. Dari semua bahan pakaian, katun atau organdilah yang biasanya digunakan untuk membuat kebaya yang kerap dipakai para mahasiswi saat acara wisuda.

Kebaya Kutu Baru

Tak jauh beda dengan jenis kebaya lain, kebaya kutu baru memiliki tambahan kain pada area tengah dada atau perutnya, yang mana kain tersebut juga terhubung dengan sisi kanan dan kiri tubuh pemakai sehingga memberi kesan lebih tradisional lagi. Tak hanya itu, ketika memakai jenis kebaya ini, beberapa wanita juga menambahkan stagen (kain yang dibebatkan di area perut) untuk kesan lebih slim.

Tips Merawat Kebaya Second

Dari semua bahan kebaya, tile merupakan material yang paling rapuh. Jika Anda memiliki koleksi kebaya, hindari mencucinya terlalu sering apalagi bila kondisinya tak terlalu kotor. Anda bisa memanfaatkan air jeruk nipis untuk menghilangkan noda pada kebaya. Biarkan air jeruk meresap, lalu rendam bagian tersebut dengan air, dan angin-anginkan.

Kebaya sebaiknya dicuci dengan cara dry clean, dan bukan memakai mesin cuci. Kalau Anda memutuskan untuk mencucinya sendiri, pilih detergen lembut tanpa pemutih atau shampo. Kebaya sebaiknya juga tidak dikucek dan diperas karena bisa merusak hiasan payet-payetnya.

Anda cukup merendamnya dalam air yang sudah dicampur deterjen maksimal selama 10 menit, lalu bilas dengan dicelup-celupkan, dan keringkan dengan cara diangin-anginkan di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

Beberapa bahan kebaya bisa melar karena bersifat elastis. Untuk itu, hindari menggantung kebaya dalam lemari agar tidak semakin molor. Namun untuk bahan kebaya lainnya yang ringan seperti sutra misalnya, Anda boleh menggantungnya. Pastikan posisi kebaya saat digantung sudah tepat supaya tidak merusak tampilan payet-payetnya.

Dan jauhkan kapur barus karena beberapa bahan kebaya bisa rusak karenanya. Bila kebaya jarang dipakai, angin-anginkan sebentar sebulan sekali agar tidak apek.

Alasan Membeli Kebaya Second

Sulitnya membuat sebuah kebaya apalagi yang dilengkapi dengan payet-payet cantik, membuat harga busana jenis ini cenderung mahal. Bila dana yang menjadi hambatan untuk membeli kebaya baru, sementara acara wisuda sudah ada di depan mata, Anda bisa menyewa atau membeli kebaya versi second karena kocek yang dikeluarkan biasanya lebih murah.