0
0

Kamus Bekas - Aneka Buku Kamus Second

Kamus

Untunglah ada yang namanya kamus di dunia ini, sebab jika tidak, maka kita pasti kesulitan untuk berkomunikasi atau mengerti bahasa penduduk negara lain. Jangankan di luar negeri, di Indonesia sendiri saja, hampir setiap wilayah memiliki bahasa daerahnya masing-masing, dan itu belum tentu dimengerti oleh penduduk dari provinsi lain.

Meski bahasa Inggris dan juga China merupakan bahasa internasional saat ini, namun nyatanya belum semua penduduk di muka bumi yang memahami kedua jenis bahasa tersebut. Bahasa asli masih merupakan bahasa komunikasi utama di kebanyakan daerah dan negara.  

Dan jika dulu bahasa kerap menjadi kendala bagi seseorang untuk melancong ke daerah atau negara lain, namun kini hal itu tidak terasa menakutkan lagi. Tanpa perlu memanggil guru atau mengikuti kelas bahasa secara khusus, pada masa sekarang siapa saja bisa mempelajari bahasa yang tidak dikenalnya secara otodidak, yakni melalui kamus.

Cara Memilih Kamus Yang Tepat

Dari 1 bahasa saja dapat bermunculan beragam kamus dengan bermacam versi. Bila tidak tahu trik memilihnya, maka bisa jadi kamus yang diincar tidak memenuhi kebutuhan nantinya. Jadi, agar kamus yang dibeli tepat sasaran, simak beberapa tips berikut.

Tentukan Tujuan Belajar Bahasa

Apakah sekedar agar bisa bercakap-cakap, ataukah Anda memang ingin mendalami setiap perbendaharaan kata dari bahasa itu secara menyeluruh? Bila hanya ingin menguasai percakapan standar, maka carilah kamus yang memuat perbincangan sehari-hari. Hindari membeli kamus yang mendefinisikan per kata karena beda daerah, beda pula penyusunan katanya.

Pilih Yang Memuat Pelafalan

Jika Anda tidak memiliki waktu khusus untuk mempelajari pelafalan, maka belilah kamus yang juga menyertakan cara baca kata asing tersebut. Misalnya kata “Wi-Fi”, beberapa orang di Indonesia masih sering membaca kata ini sebagai “waifi”, padahal pelafalan yang tepat adalah “waifai”. Salah membaca sebuah kata bisa membuat si pendengar bingung, tidak mengerti, bahkan salah paham dengan apa yang Anda ucapkan nantinya.

Pilih Ukuran Kamus

Sungguh bukanlah suatu pemandangan yang praktis bila Anda berjalan-jalan di negeri orang sambil membawa sebuah kamus besar dan tebal. Oleh sebab itu, tinggalkan kamus yang besar dan tebal itu di rumah, dan belilah kamus saku berukuran mini yang lebih praktis untuk dibawa ke mana saja saat berlibur.

Kerennya Multibahasa

Jika dulunya kamus hanya memuat 2 bahasa, namun kini tak sedikit yang membandingkan beberapa bahasa sekaligus. Tentunya bila bisa menemukan kamus semacam ini, selain menghemat uang karena tidak perlu membeli banyak kamus, Anda juga dapat mempelajari banyak bahasa sekaligus pada sekali baca.

Baca & Bandingkan

Ada banyak kamus yang dijual di toko buku, namun sayangnya, tak semua isinya benar-benar akurat dan dapat dipertanggung-jawabkan. Tak sedikit kamus yang hanya dibuat asal meski tampilan sampulnya tampak meyakinkan. Berhati-hatilah karena salah pilih penulis atau penerbit kamus, bisa jadi membuat Anda tersesat dalam percakapan dan pemahaman akan arti suatu kata. Contoh maunya mencari arti “cuaca bagus”, dalam bahasa Inggris seharusnya ditulis “nice weather” tapi yang tertera dalam kamus abal-abal malah “nice whether”.

Amati Tahun Penerbitan Kamus

Kosakata yang dimiliki manusia di dunia ini tidaklah stagnan, melainkan berkembang terus menerus dari masa ke masa. Ada baiknya saat berburu kamus, Anda memperhatikan juga tahun penerbitannya. Biasanya semakin baru tahunnya, kian update pula isinya.

Alasan Membeli Kamus Second

Sama seperti buku bacaan lainnya, saat membelinya, yang kita cari bukanlah baru-tidaknya buku tersebut, namun lebih kepada isinya, yaitu apakah buku itu dapat memberikan informasi yang kita butuhkan atau tidak. Begitu pula dengan kamus, jika harga sebuah kamus tergolong mahal untuk Anda, maka jangan segan mencari kamus second yang pasti jauh lebih murah dibanding versi baru.