0
0

Jam Tangan - Aneka Jam Tangan Bekas

Jam Tangan

Kita patut berterimakasih kepada Peter Henlen. Berkat penemuannya, di pergelangan tangan kebanyakan manusia di muka bumi saat ini selalu melingkar jam tangan yang sangat berguna sebagai penunjuk waktu.

Berkembangnya teknologi khususnya di bidang gadget, ternyata tidak menenggelamkan pamor arloji. Meski beberapa orang sudah malas memakai arloji dan lebih memilih untuk melirik ponsel bila ingin mengetahui waktu, namun masih banyak yang menyukai arloji yang kini berkembang fungsinya menjadi aksesori tersebut.

Aneka Model Jam Tangan

Beranjak dari model jam tempo dulu yang hanya menunjukkan jam, menit, dan detik, fungsi dan kinerja arloji sudah berkembang pesat. Tak hanya sebagai penunjuk waktu belaka, beberapa di antaranya bahkan telah dimodifikasi sehingga tampil secanggih gadget. Mari kita simak beberapa jenis jam tangan di bawah ini.

Jam Tangan Pintar (Smartwatch)

Kita mulai dari yang arloji yang paling canggih. Istilah smartwatch sebenarnya mulai muncul dikarenakan pada tahun 1999, Samsung membuat produk SPH-WP10 yang pada waktu itu lebih dikenal dengan julukan Watchphone.

Terinspirasi dari tokoh-tokoh dalam film fiksi, Samsung SPH-WP10 muncul sebagai jam canggih lengkap dengan antena kecil sehingga publik berpendapat inspirator utama model jam ini adalah salah tokoh dalam film Star Trek.

Sayangnya si pencetus rupanya tak terlalu tenar kala itu, namun dari situlah kemudian muncul beragam merk jam tangan pintar lain seperti Apple Watch, Samsung Gear, Sony Smartwatch, LG Moto 360, Asus Zenwatch, Pebble Time, Watch Urbane, dan masih banyak lagi.

Jam Tangan Anti air (waterproof)

Fitur ini tak pernah lekang oleh waktu. Semua orang ingin memiliki jam anti-air yang bisa dipakai kapan saja, baik saat hujan, berenang, bahkan menyelam. Lagipula saat berenang atau diving, kita tetap perlu tahu waktu bukan?

Jam Tangan Pecinta Alam

Para pecinta alam tentu butuh lebih dari sekedar alat penunjuk waktu saat sedang hiking. Mereka juga memerlukan kompas, peta, bahkan alat pengukur suhu. Salah satu arloji pecinta alam yang cukup canggih dan terkenal di kalangan pecinta alam adalah Garmin fenix GPS.

Selain sebagai alat penunjuk waktu, dalam arloji ini juga terdapat fitur GPS, barometer, altimeter, kompas elektronik 3 sumbu, hingga sensor suhu. Jam yang dibuat tahan air ini juga bisa dimanfaatkan sebagai alat komunikasi dengan pemakai Garmin fenix lainnya.

Jam Tangan Prajurit

Prajurit, pasukan khusus, intel, maupun petugas lapangan lainnya jelas membutuhkan alat penunjuk waktu yang berbeda daripada biasanya. Hampir sama dengan arloji yang dibuat khusus untuk kaum pecinta alam, alat penunjuk waktu bagi pasukan khusus biasanya juga dilengkapi dengan altimeter, barometer, GPS, dan juga kompas. Namun tak sekedar dibuat anti-air, beberapa arloji sengaja dimodifikasi sehingga anti peluru juga, salah satunya seperti Suunto X-lander yang pernah menyelamatkan nyawa seorang Letnan bernama Norrback dari tembakan sniper Rusia pada perang tahun 1939.

Jam Tangan Anak

Bukan hanya para dewasa saja yang perlu tahu pukul berapa sekarang ini, anak-anak juga. Oleh sebab itu, berbeda dari arloji yang dikenakan orang dewasa, alat penunjuk waktu untuk anak-anak biasanya tampil lebih menarik dan tidak monoton. Berbagai warna dan desain yang mengadopsi dari tokoh kartun kesayangan umumnya menyertai produk penunjuk waktu untuk anak-anak.

Tak hanya itu, banyak juga jam tangan anak yang bentuknya dibuat lucu, ada yang menggunakan penutup Hellokitty hingga arloji ala transformer yang bentuknya menyerupai robot.

Jam Tangan Mainan

Namanya juga mainan, tentu saja fungsi alat penunjuk waktu yang akan kita bahas berikutnya adalah untuk bersenang-senang saja. Kalau biasanya kita menganggap arloji mainan diberikan pada anak kecil yang belum tahu-menahu soal waktu, namun pada tahun 90an, di Jepang ada jam tangan mainan yang berfungsi sebagai penanda nomor dan penyimpan kunci loker.

Memanfaatkan jam sebagai penanda bahkan penyimpan kunci loker sehingga jauh dari tangan-tangan jahil tentu merupakan inovasi baru yang patut diacungi jempol. Dan tentu saja, pada jam tersebut juga ada penunjuk waktu berbentuk digital yang keren.

Jam Tangan Liontin

Tak semua alat penunjuk waktu diletakkan di tangan. Saat seseorang bosan mengenakan sesuatu pada pergelangan tangannya, ia bisa memilih jam tangan berbentuk liontin sebagai penunjuk waktu. Sesuai namanya, tentu saja jam ini umumnya dikenakan pada area leher sebagai bandul kalung. Namun seiring berkembangnya dunia fashion, ada berapa gelang cantik berbandul jam yang bisa disulap menjadi kalung.