0
0

iPad Second - Apple iPad Bekas Original

iPad Second

Komputer berbentuk tabung tampaknya memang sudah berakhir masa jayanya. Posisinya bahkan sudah cukup lama digantikan oleh model komputer baru yang lebih ramping, ringan, dan mudah dibawa kemana-mana.

Tak hanya PC berlayar LCD atau laptop saja, salah satu gadget yang kerap dipakai para profesional untuk bekerja adalah iPad. Produk jebolan Apple yang launching pada bulan April 6 tahun silam tersebut memang selalu diminati meski bandrol harganya cukup membuat mata terbelalak.

Jenis iPad Second

Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk memiliki sebuah iPad juga, tak ada salahnya untuk mengenal sekilas tipe iPad apa saja yang sudah pernah diluncurkan selama ini. Semoga setelah membaca ulasan berikut, Anda mendapatkan pencerahan baru sehingga tahu tipe iPad mana yang sesuai kebutuhan.

iPad

Produk iPad pertama Apple mulai mendunia pada 28 Mei 2010 lalu. Hanya menyandang nama iPad saja tanpa embel-embel apapun, produk dengan RAM 256 MB ini dikeluarkan dalam 2 model, yakni WI-FI only (A1219) dan WI-FI + 3G (A1337). Gadget dengan CPU 1 GHz ARM Cortex-A8 tersebut memiliki memori internal beragam mulai dari 16-64GB.

Lebih kurang setahun kemudian, iPad generasi ke-2 pun menyusul masuk ke pasaran gadget. Tipe yang memiliki body semakin tipis tersebut tenar dengan fasilitas kamera depannya yang berjasa untuk video call.

Tahun 2012, peningkatan drastis ditunjukkan melalui produk iPad 3 & 4. Teknologi retina display mulai disematkan, begitu pula koneksi 4G, yang tentu saja masih merupakan fasilitas mewah pada saat itu. Hingga saat ini, iPad 3 & 4 masih banyak peminatnya karena selain RAM sudah mencapai 1 GB, kecepatan prosesornya juga lebih baik.

iPad Mini

Sesuai namanya, tipe iPad satu ini memiliki ukuran layar yang lebih kecil, yakni 7 inci saja. Gadget yang momen rilisnya bersamaan dengan iPad 4 tersebut juga dilengkapi dengan jaringan 4G. Meski demikian, RAM iPad Mini hanya 512MB saja. Menjawab kerinduan konsumen untuk bekerja tanpa hanged, maka terdapat perbaikan dari segi RAM dan fitur lainnya pada produk iPad mini seri berikutnya.

iPad Air

iPad Air dirilis pada akhir tahun 2013 dan mengantongi RAM sebesar 1 GB dalam bodynya yang ramping. Bekal CPU 1.4 GHz Dual-Core 64-bit Apple A7 w/Apple M7 Motion Co-Processor tampaknya masih kurang sehingga kondisi itu kemudian ditingkatkan pada produk iPad Air 2. Berbeda dengan iPad Air 1, seri ke-2 memuat kapasitas RAM yang lebih besar yaitu 2GB.

iPad Pro

Jenis iPad yang terakhir akan kita bahas ini merupakan keluaran terbaru. Diluncurkan tahun 2016, iPad Pro memiliki kapasitas penyimpanan beragam mulai dari 32-256 GB. Gadget dengan layar retina 9,7 inci tersebut ada yang hanya mengandalkan WI-FI saja sebagai jaringannya, namun ada pula yang juga memuat SIM card. Untuk membedakannya Anda hanya perlu melihat seri yang ada pada bagian tutup belakang gadget. Seri A1674 atau A1675 dilengkapi dengan fasilitas selular, sementara A1673 tidak.

Akan tetapi bila dirasa, layar di atas masih kurang besar, maka masih ada produk iPad Pro lain keluaran setahun sebelumnya, yang di-launching dengan layar retina sebesar 12,9 inci. Sama seperti seri terbaru di atas gadget dengan kamera FaceTimeHD dan iSight tersebut, hanya seri A1652 sajalah yang memuat fasilitas selular dalam produknya, sementara A1584 tidak.  

Alasan Membeli iPad Second

Menenteng iPad memang lebih praktis dan juga keren ketimbang laptop, apalagi bila ada embel-embel brand Apple yang menyertainya. Akan tetapi harga mahal bisa membuat nyali sebagian orang ciut karena harganya tidak lebih murah dibanding jika membeli 1 set PC atau laptop. Kondisi tersebut akhirnya membuat konsumen lebih memilih untuk membeli iPad second yang masih bagus ketimbang versi barunya.