0
0

Headset Bluetooth

Bagi pengendara yang hobi bertelepon ria saat di jalan, ada baiknya Anda membeli headset bluetooth. Alat canggih berukuran mungil ini memang diciptakan untuk memudahkan pemakainya dalam menerima panggilan, terutama bila ia tergolong sangat mobile atau aktif bergerak.

Namun tak lagi dikhususkan bagi pengendara kendaraan bermotor seperti mobil atau motor saja, kini banyak pengguna yang selalu menyematkan headset bluetooth miliknya di telinga. Jadi kapanpun saat ada panggilan masuk, maka ia tak perlu lagi repot mengeluarkan ponsel, cukup klik dan percakapan pun bisa segera dimulai.

Keberadaan handsfree bluetooth juga membebaskan tangan penggunanya sehingga tak perlu memegangi smartphone terus-menerus. Kedua tangannya pun bebas mencatat hal-hal yang penting  saat proses menelepon sedang berjalan.

Jenis Headset Bluetooth

Sebenarnya ketika seseorang membeli ponsel baru, selain buku petunjuk dan charger, paket HP akan dilengkapi juga dengan headset. Tak sekedar bermanfaat untuk mendengarkan musik, kebanyakan earphone yang disertakan dalam box HP juga bisa dimanfaatkan untuk menelepon. Namun sifat alat bantu dengar jenis ini tidak lagi praktis karena belum disertai bluetooth. Saat ada panggilan masuk, pengguna masih tetap harus mengutak-atik ponselnya dulu untuk menjawab.

Hingga saat ini, headset bluetooth ada 2 jenisnya, yakni tanpa atau dengan kabel pendek. Ukuran headset bluetooth tanpa kabel biasanya hanya sebesar jempol manusia dewasa, dan cara menggunakannya juga mudah, tinggal masukkan saja ke lubang telinga. Bagian yang dimasukkan ke dalam lubang tersebut biasanya sudah dilapisi gel sehingga tidak akan mengganggu telinga.

Para pengguna kacamata sebaiknya tidak membeli headset bluetooth yang memuat pengait karena kait tersebut dapat berbenturan dengan gagang kacamata saat disematkan di belakang daun telinga. Jenis headset bluetooth berikutnya adalah yang dilengkapi dengan kabel pendek mirip antena. Fungsi antena tersebut adalah untuk menangkap sinyal, entah itu provider atau radio FM.

Fitur Menarik dari Headset Bluetooth

Sama seperti earphone, beberapa merk headset bluetooth juga dilengkapi dengan fitur tambahan menarik lain. Pengguna dapat tetap mendengarkan musik yang sedang dimainkan handphone-nya. Ada pula headset bluetooth yang bersedia menerima perintah suara, misalnya ketika ada telepon masuk, pemakai cukup berkata “terima” atau “tolak” untuk merespon panggilan masuk.

Bonus lainnya yang juga sudah dibenamkan dalam beberapa produk headset bluetooth adalah fasilitas radio FM, fitur getar ketika ada telepon masuk, hingga multipoint devices, dimana alat dapat dipakai untuk 2 ponsel sekaligus. Fitur memukau lainnya adalah noise cancellation yang mampu meredam suara keramaian di sekitar Anda. Dengan adanya fasilitas noise control ini, tak ada lagi alasan bahwa Anda tidak bisa mendengar dengan jelas suara yang sedang berbicara di seberang sana.

Ada juga headset bluetooth bernama Jabra Sport Pulse Wireless yang dilengkapi dengan sensor detak jantung. Sertifikasi IP55 membuat produk bernilai Rp2 jutaan tersebut aman dipakai pada segala kondisi cuaca termasuk sambil berhujan ria.

Di pasaran kini sudah banyak dijual beraneka macam headset bluetooth dari berbagai merk mulai dari yang terkenal seperti LG, Samsung, Sony, Nokia, Apple, hingga buatan China. Dan semuanya dipatok dengan harga beragam, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Cara Mudah Memilih Headset Bluetooth

Ketika ingin memiliki sebuah headset bluetooth, coba pikirkan dulu bentuk headset bagaimana yang Anda inginkan, apakah dengan atau tanpa kabel.  Setelah itu tentukan fitur istimewa apa saja yang Anda inginkan dalam produk tersebut. Langkah terakhir tentunya adalah mengkalkulasi budget yang diperlukan. Jangan khawatir jika produk headset bluetooth yang diminati terlalu mahal harganya, karena Anda dapat membeli versi second-nya.