0
0
Barang bekas lebih baik dari pada barang KW!
Beli barang bekas hanya di Prelo
Guide Buyer Pilih Barang
Pilih Barang
Ribuan barang berkualitas (no KW) ada di Prelo
Guide Buyer Chat dan Tawar
Chat dan Tawar Harga
Kamu bisa chat penjual dan tawar harga barang yang kamu pilih
Guide Buyer Bayar
Bayar dan Terima Barang
Pengembalian uang 100% jika barang tidak sesuai dengan deskripsi produk
Dapat uang tanpa modal!
Jual barang bekas berkualitas kamu hanya di Prelo
Guide Seller Download
Download Aplikasi Prelo
Download Prelo untuk menjual barang preloved kamu
Guide Seller Upload Barang
Foto dan Upload Barang
Upload barang kamu ke Prelo dan tunggu pelanggan membelinya
Guide Seller Kirim Barang
Kirim Barang
Kirim barang ke pelanggan dan terima hasil penjualan kamu

Frequently Asked Questions

Untuk Penjual
Untuk Pembeli
Prelo Balance
Ongkos Kirim
Jaminan Keamanan
Penggunaan Aplikasi
Untuk Penjual
Bagaimana Penjual mengetahui ada yang membeli Barangnya?
Penjual akan mendapatkan notifikasi melalui aplikasi Prelo dan juga e-mail (e-mail yang digunakan saat Register di Prelo). Saat Penjual mendapatkan notifikasi tersebut berarti Pembeli sudah membayar Barang pesanannya ke Rekening Bersama Prelo.
Ada yang memesan Barang yang Penjual jual, apa yang harus Penjual lakukan?
Segera kirimkan Barang tersebut kepada Pembeli, dan jangan lupa lakukan Konfirmasi Pengiriman barang dengan mengisi formulir yang tersedia. Paling lambat 3x24 jam sejak Penjual menerima notifikasi. Berikut cara melakukan Konfirmasi Pengiriman: Panduan Kirim Barang
Bagaimana cara Penjual mendapatkan hasil dari penjualan Barang?
Setelah Penjual melakukan Konfirmasi Pengiriman barang dan Pembeli telah melakukan Konfirmasi Penerimaan barang, uang hasil penjualan Barang akan secara otomatis bertambah ke dalam Prelo Balance Penjual. Untuk dapat mencairkan Prelo Balance, Penjual harus melakukan Tarik Uang, berikut langkah-langkah yang harus Penjual lakukan: Panduan Tarik Uang
Apakah Prelo menerima barang tanpa merek?
Prelo tidak menerima barang KW dari barang yang memiliki merek tertentu. Namun, Prelo menerima barang tanpa merek! Pastikan kualitas foto barang kamu baik agar tetap bisa dimuat di Prelo
Mengapa Prelo Balance Penjual belum bertambah padahal status transaksi sudah "diterima"?
Silahkan tunggu max 3 hari (3x24 jam) agar Prelo Balance kamu bertambah. Apabila kamu belum menerima hasil penjualan dalam waktu 3 hari (3x24 jam) kamu bisa hubungi Customer Service Prelo.
Bagaimana cara menolak pesanan dari Pembeli karena Penjual batal menjualnya?
Semua pesanan yang masuk akan ditampilkan pada tab Jualan Saya. Penjual dapat menolak pesanan cukup dengan klik tombol Tolak Pesanan. Harap diingat bahwa menolak pesanan dapat mengurangi minat Pembeli pada toko Penjual ke depannya. Setelah itu, uang Pembeli akan secara otomatis Prelo kembalikan.
Bagaimana cara mengubah keterangan yang terdapat dalam Barang yang Penjual jual?
Penjual dapat mengubahnya melalui menu Edit Barang di Jualan Penjual.
Bagaimana cara menghapus Barang yang sudah Penjual upload?
Untuk menghapus Barang yang sudah Penjual upload, Penjual dapat menghubungi Customer Service Prelo dengan menyertakan Username serta Nama Barang yang ingin di hapus.
Bagaimana jika Penjual sedang tidak dapat mengirimkan barang atau tidak dapat melakukan konfirmasi status transaksi?
Jika Penjual tidak melakukan pengiriman atau tidak melakukan konfirmasi status transaksi setelah 3 hari (3x24 jam), Prelo akan langsung melakukan pengembalian uang kepada Pembeli. Hal ini kemudian akan mengurangi minat Pembeli pada toko Penjual dan mengakibatkan munculnya review buruk tentang toko Penjual. Penjual dapat menutup toko-mu sementara dengan cara menguhubungi Customer Service Prelo.

Untuk Pembeli
Bagaimana cara membeli barang bekas berkualitas di Prelo?
Untuk berbelanja di Prelo, Pembeli harus melakukan checkout via aplikasi yang dapat Pembeli download di smartphone berbasis Android dan iOS. Berikut tahapan yang harus Pembeli lakukan saat checkout: Panduan Pembeli
Bagaimana caranya menghubungi Penjual barang secara langsung?
Pembeli dapat berkomunikasi secara real time dengan Penjual barang dan melakukan diskusi terkait barang atau menawar harga dengan menekan tombol CHAT.
Bagaimana caranya menawar harga barang yang ingin Pembeli beli?
Pembeli dapat menawar harga barang yang Pembeli inginkan lewat fitur chat real time langsung hanya dengan menekan tombol CHAT.
Bagaimana cara melakukan transaksi pembayaran di Prelo?
Setelah melakukan pemesanan barang (checkout), Pembeli harus melakukan pembayaran paling lambat 1x24 jam setelah checkout. Jika tidak, pesanan Pembeli akan secara otomatis Prelo batalkan. Ada berbagai pilihan transaksi pembayaran di Prelo, sebagai berikut:
  1. Bank Transfer (Mandiri, BNI, BCA)
  2. Kartu Kredit*
  3. Prelo Balance / Prelo Bonus*
Bagaimana cara berbelanja beberapa Barang dalam satu keranjang belanja?
Pembeli dapat membeli langsung beberapa barang di satu keranjang belanja. Caranya, klik Beli di barang yang diinginkan, lalu klik tombol Kembali, lalu klik Beli di barang lain yang diinginkan. Barang akan masuk di dalam satu keranjang dan ongkos kirim akan disesuaikan berdasarkan Penjual.
Saya sudah chat dan sudah sepakat dengan harga, tapi kenapa harga di keranjang belanja tidak berubah?
Untuk pengalaman tawar menawar yang maksimal, Pembeli dapat mengunjungi halaman Chat, klik tombol Tawar, dan menawar sesuai yang diinginkan. Kemudian, tunggu Penjual untuk menolak atau menerima tawaran tersebut dengan mengklik tombol Tolak atau Terima. Jika Penjual menekan tombol Terima, maka harga di keranjang belanja akan menyesuaikan.
Apa yang harus dilakukan jika terjadi crash saat akan membeli barang?
Cobalah untuk mengakses keranjang belanja dari halaman Home. Jika masih tidak bisa, silakan hubungi Prelo.
Setelah Pembeli melakukan pembayaran, langkah apa selanjutnya?
Proses pembelanjaan baru akan Prelo proses jika Pembeli sudah melakukan Konfirmasi Pembayaran. Berikut cara untuk melakukan Konfirmasi Pembayaran: Panduan Pembeli
Bagaimana cara mengetahui bahwa pembayaran Pembeli sudah diterima oleh Prelo?
Prelo akan melakukan Verifikasi Pembayaran dalam waktu max 2 hari (2x24 jam) melalui notifikasi di aplikasi Prelo dan juga e-mail. Setelah itu, status transaksi di aplikasi Prelo kamu akan berubah menjadi “Dibayar”.
Bagaimana jika pembayaran Pembeli tidak diverifikasi oleh Prelo?
Jika dalam 2 hari (2x24 jam) pembayaran Pembeli belum diverifikasi oleh Prelo, silahkan hubungi Customer Service Prelo yang siap membantu.
Bagaimana jika jumlah pembayaran yang dilakukan kurang?
Jika jumlah pembayaran yang Pembeli lakukan kurang akan mengakibatkan Pembelian kamu tidak Prelo proses kepada Penjual. Tapi tenang saja, agar pesanan tetap dapat diproses, Pembeli hanya perlu mentransfer uang kembali ke rekening Prelo sejumlah kekurangan pembayaran. Apabila kamu kesulitan, kamu bisa hubungi Customer Service Prelo yang siap membantu.
Bagaimana jika jumlah pembayaran dilakukan lebih?
Jika jumlah pembayaran yang dilakukan lebih, maka kelebihan uang Pembeli akan menjadi Prelo Balance. Prelo Balance dapat dipakai untuk pembelanjaan selanjutnya. Jika Prelo Balance kamu berjumlah 50.000 atau lebih, maka Pembeli dapat menariknya ke rekening.
Jika Pembeli membeli beberapa barang dari Penjual yang berbeda, dapatkah Pembeli melakukan pembayaran sekaligus?
Ya, Pembeli bisa melakukan pembayaran sekaligus meskipun membeli beberapa barang dari Penjual yang berbeda.
Pembeli sudah membayar barang, tapi kenapa barang belum dikirim?
Prelo memberikan waktu 3 hari (3x24 jam) bagi Penjual untuk menyiapkan proses pengiriman. Pembeli bisa memantau status transaksi melalui ‘Pembelian Saya’ di aplikasi Prelo. Apabila setelah batas waktu 3 hari (3x24 jam) Penjual tidak melakukan proses pengiriman, maka uang akan Prelo kembalikan ke dalam Prelo Balance.
Pembeli sudah melakukan Konfirmasi Pembayaran. Kapan Pembeli akan menerima barang pesanannya?
Pembeli akan menerima notifikasi bahwa pesanannya telah dikirim oleh Penjual. Pengiriman barang maksimal 3x24 jam. Notifikasi pengiriman barang akan disertai dengan informasi agen pengiriman yang digunakan dan nomor resi pengiriman, sehingga Pembeli dapat melacak status pengiriman barang.
Jika barang sudah Pembeli terima, apa yang harus Pembeli lakukan?
Pembeli harus melakukan konfirmasi penerimaan dengan cara memberikan Review terhadap barang yang Pembeli beli. Berikut caranya: Panduan Terima Barang
Bagaimana jika Pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang?
Apabila Pembeli tidak mengkonfirmasi penerimaan barang, maka dalam 3x24 jam Prelo akan menganggap Pembeli telah menerima barang. Bersamaan dengan hal tersebut, uang yang Pembeli bayarkan kepada Prelo akan segera diteruskan kepada Penjual secara otomatis. Selain itu, jika Pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang, maka Pembeli tidak akan dapat melakukan komplain.
Pembeli belum menerima pesanannya hingga saat ini, apa yang harus Pembeli lakukan?
Cobalah melacak pengiriman barang dengan menggunakan nomor resi yang telah diinfokan oleh Penjual. Jika Pembeli tidak menemukan, silahkan hubungi Customer Service Prelo untuk meminta bantuan lebih lanjut. Jika setelah 7x24 jam sejak tanggal konfirmasi pengiriman barang, Pembeli belum juga menerima barang tersebut, silahkan hubungi Prelo. Prelo akan mengembalikan uang Pembeli 100% jika Pembeli tidak menerima pesanannya.
Dapatkah Pembeli melakukan pengembalian barang?
Pembeli dapat melakukan pengembalian barang kepada Penjual jika Pembeli tidak menerima barang dengan kualitas original atau barang yang Pembeli terima tidak sesuai dengan deskripsinya. Hubungi Customer Service Prelo yang siap membantu Pembeli kapan saja. Uangmu akan Prelo kembalikan setelah barang yang Pembeli kembalikan diterima oleh Penjualnya.
Siapa yang menanggung ongkir untuk pengembalian barang?
Ongkos kirim saat melakukan pengembalian barang ditanggung oleh Pembeli.
Mengapa transaksi Pembeli bisa tidak lolos verifikasi?
Transaksi bisa tidak lolos verifikasi jika sistem mendeteksi adanya kecurangan atau melibatkan akun yang dicurigai melakukan penipuan.
Bagaimana cara mendapatkan uang Pembeli kembali?
Prelo akan mengembalikan uang Pembeli jika:
  1. Penjual menolak untuk mengirimkan barang pesanan
  2. Barang yang Pembeli terima tidak sesuai atau tidak original dan Pembeli telah melakukan pengembalian barang. Uang Pembeli akan dikembalikan dalam bentuk Prelo Balance yang bisa Pembeli cairkan kapan saja.

Prelo Balance
Apa itu Prelo Balance?
Prelo Balance adalah uang virtual yang dapat dimiliki oleh seluruh User Prelo. Nilai Prelo Balance sama dengan nilai uang rupiah. Prelo Balance dapat diubah menjadi uang rupiah dengan cara Tarik Uang ke rekening kamu.
Bagaimana cara Tarik Uang?
Tarik uang dapat dilakukan langsung melalui aplikasi Prelo dengan mengisi formulir Tarik Uang. Formulir berisi nomor rekening kamu dan nominal Prelo Balance yang ingin ditarik. Perlu kamu perhatikan bahwa Prelo tidak bertanggung jawab atas kesalahan nomor rekening yang kamu input.
Berapa lama Tarik Uang diproses oleh Prelo?
Tarik Uang diproses oleh Prelo paling lambat 2 hari (2x24 jam). Apabila belum menerima penarikan uang dalam waktu 2 hari (2x24 jam) bisa menghubungi Customer Service Prelo.
Adakah masa berlaku untuk Prelo Balance?
Prelo Balance tidak memiliki masa berlaku. Selama akun Prelo tersebut aktif, maka selama itu pula Prelo Balance akan berlaku.
Apakah harus menggunakan Prelo Balance sekaligus?
Tidak, Prelo Balance bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Sebagian Prelo Balance dapat digunakan untuk membeli barang, ditarik ke rekening, atau tetap menyimpannya sebagai Prelo Balance.

Ongkos Kirim
Siapa yang menanggung ongkos kirim barang?
Ongkos kirim dapat ditanggung oleh Penjual maupun Pembeli tergantung kebijakan dari Penjual saat melakukan upload Barang di Prelo.
Berapa biaya pengiriman barang jika berbelanja di Prelo?
Prelo dilengkapi dengan sistem hitung ongkir otomatis yang tersambung dengan jasa pengiriman JNE dan Tiki. Biaya ongkir bergantung pada kota asal dan tujuan pengiriman barang tersebut (hanya pengiriman REG).
Jika membeli beberapa barang di Prelo, apakah ongkirnya bisa digabung?
Jika membeli beberapa barang di Prelo, ongkir bisa digabung apabila membeli barang-barang tersebut pada satu Penjual yang sama dan dikirim ke alamat yang sama. Tidak berlaku untuk sebaliknya.

Jaminan Keamanan
Bagaimana Prelo menjamin keamanan belanja di Prelo?
Terima barang bekas dengan kualitas merek original dan sesuai deskripsi, jika tidak Prelo kembalikan uangmu 100%.
Bagaimana Prelo menjamin keamanan berjualan di Prelo?
Semua pesanan yang Prelo proses dan Penjual terima itu sudah dibayar oleh Pembeli. Jadi, Penjual tidak perlu lagi khawatir ada Pembeli yang hit and run. Prelo akan meneruskan pembayaranmu, setelah barang diterima oleh Pembeli.
Bagaimana sistem transaksi di Prelo?
Prelo menggunakan rekening bersama untuk menjamin keamanan transaksi bagi Penjual dan Pembeli.
  • Pembeli akan melakukan order (checkout) lewat aplikasi Prelo.
  • Jika Pembeli sudah membayar Barang yang dipesan, maka diwajibkan untuk melakukan Konfirmasi Pembayaran.
  • Setelah Prelo melakukan Verifikasi Pembayaran, Prelo akan mengirimkan pemberitahuan order kepada Penjual melalui notifikasi pada aplikasi Prelo dan juga e-mail kepada Pembeli .
  • Penjual yang sudah menerima notifikasi akan melakukan pengiriman barang dan jika sudah, segera lakukan Konfirmasi Pengiriman
  • Jika Pembeli sudah menerima Barang yang dibeli, Pembeli diwajibkan melakukan konfirmasi penerimaan Barang dengan cara memberikan Review terhadap pembeliannya.
  • Hasil penjualan akan langsung masuk ke dalam Prelo Balance Penjual dan dapat langsung melakukan Tarik Uang untuk mencairkan Prelo Balance tersebut.

Penggunaan Aplikasi
Apa yang harus dilakukan jika gagal login melalui Facebook atau Twitter?
Hal tersebut dapat terjadi jika e-mail atau nomor handphone (khusus Facebook) belum terverifikasi, sehingga Pengguna harus memverifikasi email/nomor handphone terlebih dahulu. Jika masih tidak bisa, silakan hubungi Prelo.
Bagaimana cara menyatukan ongkir pada saat berbelanja di satu Penjual?
Caranya, klik Beli di barang yang diinginkan, lalu klik tombol Kembali, lalu klik Beli di barang lain yang diinginkan. Sehingga seluruh Barang akan menyatu dalam satu keranjang belanja dan ongkos kirim akan menyesuaikan total berat barang.
Saya salah memasukkan e-mail pada saat pendaftaran, sehingga tidak pernah mendapat e-mail sama sekali. Bagaimana caranya mengganti e-mail untuk akun saya?
E-mail merupakan sarana komunikasi antara Prelo dan pengguna, mulai dari reminder transaksi, promosi, Prelo Bonus, dan sebagainya. Karena itu, pastikan e-mail yang terdaftar valid dan dapat diakses. Untuk mengubah e-mail akun Prelo, dapat langsung menghubungi Customer Service Prelo.
Bagaimana caranya mengganti password?
Klik tombol Lupa Password? di halaman Login dan ikuti instruksi selanjutnya. Pastikan email yang terdaftar adalah email yang aktif karena password baru akan dikirimkan via email yang didaftarkan di Prelo.
Apakah transaksi dapat dilakukan via COD?
Bisa, hanya untuk barang-barang tertentu atas kesepakatan pihak pembeli, penjual, dan Prelo.
Siapakah Riri Prelo? Apakah Riri Prelo tidak pernah tidur? Saya pernah menerima e-mail dari Riri pada jam 3 pagi.
Riri adalah staf Prelo yang rajin mengingatkan waktu pembayaran, konfirmasi pembayaran, dan lainnya melalui e-mail. Jangan khawatir, Riri selalu bekerja dengan giat dan beristirahat pada waktunya, namun dia akan mengirimkan e-mail sesuai dengan waktu transaksi kamu.
Bagaimana cara agar Riri Prelo tidak mengirimkan e-mail apapun kepada saya?
Klik Unsubscribe di bawah e-mail Newsletter. Namun, ada beberapa e-mail yang tidak dapat di-unsubscribe, seperti e-mail transaksi (pembelian, penjualan, pembayaran, reminder barang expired, dsb.) sebagai pemberitahuan mengenai transaksi.

Untuk Pemilik Barang
Bagaimana cara mengupload barang yang ingin saya Sewa?
Pemilik barang bisa mengupload barang melalui aplikasi Prelo (Android) atau Website Prelo di www.prelo.co.id dengan klik icon Kamera dan klik Sewa, lalu pemilik barang bisa mengisi data untuk menyewakan barangnya.
Bagaimana cara agar barang yang saya Sewa bisa juga di Jual di Prelo?
Jika pemilik barang ingin menjadikan barang sewaan menjadi barang yang dijual, pada saat pengisian data, pemilik barang bisa klik tombol pada kolom “Barang ini juga boleh dijual”.
Bagaimana cara agar barang yang saya upload hanya bisa di Sewa saja?
Pemilik barang tidak perlu klik tombol pada kolom “Barang ini juga boleh dijual”.
Bagaimana cara menghapus barang yang saya Sewakan?
Untuk menghapus barang yang disewakan, pemilik barang bisa klik barang yang disewakan, lalu klik edit dan klik hapus barang pada bagian bawah halaman edit barang.
Bagaimana cara mengetahui detail harga yang dibayarkan oleh pembeli?
Pemilik barang bisa melihat segala transaksi sewa pada notifikasi yang muncul yang terdapat pada halaman transaksi terkait.
Bagaimana cara menentukan harga Deposit?
Prelo memberikan kebebasan pada pemilik barang untuk menentukan deposit harga barang.
Apa kegunaan dana deposit?
Deposit berfungsi sebagai jaminan penyewa barang, untuk berjaga-jaga jika barang terdapat cacat atau tidak dikembalikan oleh penyewa barang.
Apa itu Periode Sewa?
Periode sewa adalah waktu penyewaan barang, sehari, seminggu, ataupun sebulan itu termasuk pada periode sewa.
Bagaimana jika saya hanya ingin bertemu langsung dengan penyewa barang?
Pemilik barang bisa langsung memilih tombol “Bertemu Langsung” pada saat mengisi data barang yang ingin disewakan.
Bagaimana cara menolak proses Sewa?
Pemilik barang bisa menolak pesanan sewa, jika tidak dapat mengirimkan barang yang akan disewakan kepada pembeli, pemilik barang bisa membuka halaman notifikasi transaksi terkait dan klik barang yang akan disewakan, klik tombol konfirmasi pengiriman lalu hilangkan tanda ceklis pada barang yang tidak ingin di sewakan, pilih alasan menolak pesanan lalu klik konfirmasi dan pesanan akan batal.

Untuk Penyewa Barang
Bagaimana cara menyewa barang di Prelo?
Sebagai penyewa yang ingin menyewakan barang, penyewa bisa mencari barang yang ingin disewa, setelah menemukan barangnya penyewa bisa klik barang tersebut dan klik “Sewa” lalu isi tanggal penyewaan barang, setelah itu klik lanjutkan dan mengisi data kembali lalu klik selesaikan pesanan.
Bagaimana cara saya berkomunikasi dengan pemilik barang?
Jika penyewa ingin berkomunikasi dengan pemilik barang, penyewa bisa klik barang yang ingin disewa dan memilih fitur chat yang ada di gambar tersebut untuk berkomunikasi dengan penjual.
Bisakah harga sewa ditawar?
Penyewa tidak bisa melakukan tawar menawar dengan pemilik barang.
Bisakah saya bertemu langsung dengan pemilik barang?
Penyewa bisa bertemu langsung dengan pemilik barang untuk mengambil barang atau melihat kondisi barang.
Bagaimana jika saya ingin membeli barang yang disewakan?
Penyewa bisa membeli barang yang disewakan, jika pemilik barang memilih untuk menjual barangnya juga.
Bagaimana cara mengetahui total harga yang harus dibayarkan?
Detail pembayaran bisa dilihat di halaman transaksi terkait atau sebelum klik selesaikan.
Bagaimana cara mengetahui pembayaran saya sudah diterima Prelo?
Status transaksi yang sudah penyewa lakukan akan terlihat di halaman transaksi terkait.
Jika pembayaran expired namun sebenarnya saya sudah membayar, apa yang harus saya lakukan?
Jika penyewa sudah melakukan pembayaran ke rekening bersama Prelo tetapi tidak melakukan konfirmasi pembayaran di halaman transaksi terkait, sehingga status pembayaran expired, mohon penyewa menghubungi kami.
Apakah saya bisa menambah masa Sewa diluar aplikasi Prelo?
Jika ingin menambah waktu penyewaan penyewa barang bisa mengulang pemesanan penyewaan barang.
Apa yang harus saya lakukan jika saya merusak barang yang saya Sewa?
Pembeli sebelumnya sudah diminta untuk membayar deposit dari setiap barang yang disewa, jadi penyewa bertanggung jawab dalam pembayaran deposit yang telah ditentukan.
Kapan saya bisa menarik kembali Deposit yang saya miliki?
Jika barang sudah diterima kembali oleh penjual.

Untuk Traveler
Apa syarat menjadi traveler?
Tidak ada syarat khusus menjadi traveler, hanya pastikan untuk membuat akun dan melakukan verifikasi atas nomor telepon dan email.
Bagaimana sistem pembayarannya?
Pembayaran kepada traveler dilakukan ketika barang sudah sampai ke penitip.
Cara post trip gimana?
Untuk pengguna aplikasi Prelo, pada bagian header di home klik pilih layanan yang berada di sebelah icon search. Lalu, klik TITIP DI PRELO. Setelah itu, klik POST TRIP pada footer halaman tersebut. Kemudian pilih asal dan tujuan serta deskripsi sesuai dengan tripmu. Untuk pengguna web, klik TITIP pada header home lalu klik POST TRIP pada footer halaman tersebut.
Sistem penitipan barangnya seperti apa?
Sistemnya adalah pertama, sebagai traveler kamu melakukan post trip atas trip yang akan kamu lakukan, kemudian kalian bisa melakukan upload barang atas barang yang ingin kalian jual. Kalian juga bisa menerima/menolak titipan yang direquest oleh penitip.
Bagaimana bila negara tujuan tidak ada pada daftar list di Prelo?
Jika negara tujuan tidak ada di List negara Prelo, Trip Traveler tetap bisa dibuat. Jika kamu membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi CS Prelo.
Bagaimana bila penitip melakukan cancel atas titipannya dan saya sudah membeli barang tersebut? Apakah bisa?
Penitip tidak bisa melakukan cancel atas titipannya apabila barang sudah dibeli.
Apabila saya ingin meminta uang di muka kepada penitip, apakah bisa?
Untuk saat ini, sistem pembayaran kami hanya bisa dilakukan dengan cara penitip membayar, lalu uang kami tahan untuk kemudian diteruskan kepada traveler setelah barang sudah sampai.
Apabila saya melakukan extend trip, bagaimana cara mengganti tanggal end tripnya?
Untuk saat ini, melakukan edit atas tanggal trip masih belum tersedia. Solusinya adalah dengan menambah trip baru dengan tanggal pulang yang sebenarnya.
Apakah ada uang jaminan apabila penitip melakukan cancel pesanan / kabur?
Apabila penitip kabur, uang sudah aman tertahan didalam rekening bersama Prelo.
Siapa yang menentukan harga atas barang-barang apabila penitip melakukan request barang dengan mengupload barang pada kita?
Yang menentukan harga adalah penitip, pada kolom TAMBAH TITIPAN BARU, disitu penitip menuliskan Nama, Kategori, Berat, Harga dan Catatan atas barang tersebut.
Apabila terjadi perubahan harga pada produk yang direquest harus bagaimana?
Traveler harap langsung menghubungi penitip menggunakan fitur chat kepada penitip untuk menanyakan apakah bersedia menambah biaya tersebut, apabila bersedia, biaya bisa langsung ditransferkan ke traveler tersebut.
Bagaimana bila saya tidak jadi pergi ke tempat tersebut?
Membalas chat penitip terlebih dahulu dengan memberi tahukan bahwa trip batal dan kemudian menghapus trip yang sudah dibuat.
Apakah ada ketentuan barang yang dijual harus asli?
Tidak ada ketentuan tersebut. Namun, traveler wajib untuk menginfokan status keaslian barang kepada penitip.
Apabila terdapat 5 penitip dan ke 5nya menitip barang yang sama, apakah terdapat summary atas total barang yang harus saya beli? (Disini tertulis, cth; 5 Supreme Hoodie, 3 Starbucks Tumbler)
Untuk saat ini layanan tersebut belum tersedia.
Apakah terdapat summary list atas seluruh penitip? (Cth; Anggi: 2 Onitsuka, 1 Starbucks Tumbler; Beni: 1 Onitsuka, 1 Kit-kat Matcha) untuk memudahkan proses shipping.
Apabila penitip sudah melakukan pembayaran dan status sudah dibayar, list seluruh pesanan akan masuk ke notifikasi traveler.
Bagaimana bila ternyata barang yang dipesan penitip tidak ada?
Traveler bisa langsung mengontak penitip dan menjelaskan ketidaktersediaan barang, lalu uang penitip yang ada pada rekening bersama Prelo akan otomatis kembali pada hari dan tanggal disaat traveler melakukan end trip (tanggal pulang).
Berapa besar komisi yang harus dibayarkan ke aplikasi ini?
Untuk traveler, saat ini belum ada komisi yang harus dibebankan.
Barang apa saja yang tidak bisa dititipkan di Prelo?
Minuman keras, alat yang mengandung unsur pornografi, obat-obatan terlarang dan segala jenis barang yang melanggar ketentuan hukum Indonesia.
Saya tidak sengaja membeli barang yang salah, apa yang harus dilakukan?
Kesalahan tersebut menjadi tanggung jawab traveler.
Ketika penitip baru saja menitipkan pesanan, listnya masuk ke dalam bentuk seperti apa? Dan bagaimana prosedur selanjutnya untuk saya proses?
Ketika penitip baru saja menitip, list akan masuk ke dalam chat traveler terlebih dahulu, kemudian dari situ traveler wajib melakukan penerimaan/penolakan atas pesanan yang dititipkan oleh penitip.

Untuk Penitip
Bagaimana cara menitipkan barang?
Masuk ke aplikasi Prelo kalian, lalu pilih service TITIP pada header di home Prelo. Kemudian pilih negara yang terdapat barang yang kalian inginkan. Setelah itu pilih traveler yang ingin kalian titipkan belanjaan tersebut, pada list barang klik tombol TAMBAH untuk memesan barang tersebut.
Apabila barang yang ingin dibeli tidak ada dalam list, bagaimana cara melakukan request barang?
Kamu bisa menambah tambahan barang baru yang tidak ada di list rekomendasi barang dengan cara masuk ke halaman 'Titipan Baru'. Kemudian kami bisa mengupload foto, nama barang, dan juga kisaran harga barang yang sudah ditambahkan dengan Fee jastip untuk Traveler.
Apakah bisa menambah catatan kepada traveler atas barang yang kita titip? (Cth; traveler upload snack, dan kita ingin snack yang pedas)
Kamu tentu bisa menambahkan deskripsi di Titipan Baru yang kamu buat. Di halaman upload barang titipan baru ada kolom deskripsi, dimana kamu bisa menambahkan detail barang yang kamu inginkan (Cth; traveler upload snack, dan kita ingin snack yang pedas).
Bagaimana cara menambah pesanan yang sudah dipesan?
Lakukan kembali seperti langkah pemesanan di awal.
Apakah ada jam khusus untuk bisa memesan/menitip belanjaan di Prelo? Atau bisa setiap saat?
Bisa dilakukan pada jam kapan saja, karena hal ini lebih ke arah percakapan antar traveler dan penitip.
Apakah terdapat jaminan pada barang yang saya request?
Barang yang dititipkan akan diproses langsung oleh Traveler dari mulai membeli barang sampai mengirim barang kepada pihak penitip. Jika barang tidak berhasil dibeli oleh Traveler, maka transaksi akan otomatis batal dan dana akan kembali ke Prelo balance penitip.
Bagaimana cara membatalkan pesanan jika pesanan sudah berhasil dibayar?
Jika penitip ingin membatalkan pesanan yang sudah dibayar, penitip harus meminta persetujuan dari penjual bahwa pesanan bisa dibatalkan. Setelah ada persetujuan, penitip bisa menghubungi Prelo untuk pembatalan transaksi tersebut.
Bagaimana bila traveler sulit dihubungi namun pesanan sudah dibayar?
Apabila hal ini terjadi uang kalian akan tetap aman berada di rekening bersama kami.
Apabila traveler hanya dapat memenuhi sebagian barang saya, bagaimana ketentuannya?
Untuk barang yang tidak berhasil dibeli oleh Traveler, maka dana yang sudah dibayarkan untuk barang tersebut akan kembali kepada pihak penitip tanpa potongan apapun.
Bagaimana bila makanan yang saya request kadaluwarsa? Apakah ada pengembalian uang?
Jika penitip menitip makanan dan yang samapi ke penitip adalah makanan yang kadaluarsa, penitip bisa langsung menghubungi pihak Traveler untuk menyelesaikan masalah secara langsung dengan Traveler
Bagaimana bila traveler membeli barang yang salah?
Jika barang yang sampai di penitip tidak sesuai dengan yang dipesan, penitip bisa menghubungi Traveler secara langsung untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Bagaimana bila barang diterima dalam kondisi rusak?
Jika barang yang sampai di penitip rusak, penitip bisa menghubungi Traveler secara langsung untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Apakah bisa saya melakukan request hanya melalui chat tanpa mengunduh foto barang?
Sebaiknya untuk mengajukan titipan baru yang tidak ada di dalam list rekomendasi, penitip harus mengupload barang di halaman 'Titipan Baru' agar titipan baru bisa diproses melalui sistem Titip di Prelo. Jika hanya melalui Chat, pesanan tidak akan masuk list titipan penjual di sistem Prelo.
Apakah saya harus membayar seluruh dana di muka atau 50% ketika melakukan request dan 50% ketika barang sudah sampai?
Pembayaran dilakukan langsung full di muka dengan melakukan transfer ke rekening bersama Prelo.
Bagaimana bila traveler meminta bertransaksi di luar Prelo?
Mohon untuk tidak melakukan transaksi di luar Prelo karena kemungkinan hal tersebut adalah penipuan
Berapa besar komisi yang harus saya bayarkan sebagai penitip? Apakah sudah termasuk ke dalam harga yang ditawarkan?
Komisi yang harus dibayarkan maksimal sebesar 10%

Kontak
Apabila memiliki pertanyaan lain, bisa menghubungi Customer Service Prelo di:
  1. e-mail: contact@prelo.co.id
  2. Telepon: 085574677465
  3. LINE: @prelo_id
  4. WhatsApp: 08112353131
Prelo siap menjawab pertanyaan dan membantu kamu Senin - Jum’at, pukul 09.00 – 18.00 WIB.
Back to Top