0
0

Dress Batik - Aneka Dress Batik Second

Dress Batik

Seperti yang kita ketahui bersama, batik merupakan motif kain khas Indonesia yang sudah mendapat pengakuan dari seluruh dunia. Pihak UNESCO bahkan menetapkan kain bergambar ini sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada tahun 2009 lalu.

Jika dulunya proses pembuatan batik masih dilakukan secara tradisional, yakni dengan memakai lilin yang dilelehkan dan kemudian dimasukkan dalam canting sebelum ditorehkan ke permukaan kain, namun seiring terkenalnya batik, kini bermunculan ragam teknik lain yang lebih cepat dan mudah.

Jenis Dress Batik

Ditinjau dari makna dan pola gambarnya, motif batik sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Setiap daerah di Indonesia bahkan seperti berlomba-lomba dalam membuat pola andalannya sendiri. Beberapa motif batik yang cukup terkenal antara lain:

Motif Batik Ceplok

Motif yang disebut juga dengan grompol ini umumnya memuat pola geometris seperti mawar melingkar, bintang, dll, yang tersusun memenuhi seluruh bagian kain secara simetris.

Motif Batik Kawung

Salah satu desain batik yang paling tua ini dulunya dikhususkan bagi keluarga kerajaan. Pola khas Yogyakarta ini menggunakan kelapa dan buah aren sebagai item dasarnya.

Motif Batik Parang

Dalam bahasa Jawa, “parang” memiliki arti pedang. Oleh sebab itu, desain batik satu ini tak lepas dari bentuk pedang. Motif batik parang sendiri ada 2 yaitu parang rusak yang memiliki makna usaha manusia dalam memerangi kejahatan melalui pengendalian hawa nafsu, sementara motif parang barong yang sempat dianggap sebagai pola suci di zaman kerajaan dulu.

Motif Batik Lereng

Deretan garis berlerng-lereng yang sesekali dihiasi dengan diagonal sempit menjadi ciri khas motif batik satu ini.

Motif Batik Nitik

Pola ini juga termasuk salah satu yang tertua di tanah air. Polanya meniru kain tenun patola yang pernah dibawa oleh pedagang dari India di masa lampau.

Motif Batik Semen

Motif batik semen menggunakan alam sebagai inspirasinya. Ciri tersebut terlihat dari gambar daun, gunung, serta binatang yang menjadi gambar utama dalam motifnya.

Motif Batik Kraton

Disebut batik kraton karena dulunya motif ini kerap digambar oleh para puteri maupun para pembatik yang tinggal di istana. Hal ini membuat motif ini dulunya tak bisa dipakai sembarang orang.

Motif Batik Tambal

Sama seperti polanya yang tampak seperti ditambal, banyak rakyat percaya bahwa kain dengan motif batik ini dapat membantu menyembuhkan penyakit orang yang diselimuti olehnya.

Motif Batik Sekar Jagad

Motif yang merupakan kebanggaan Indonesia ini memiliki arti mendalam, yakni sebagai perwakilan tentang betapa beragamnya hal-hal yang ada di seluruh dunia.

Motif Batik Sido Mukti

Pola batik khas Kraton Surakarta ini umumnya dipakai dalam acara pernikahan karena di dalamnya terkandung doa permohonan kebahagiaan lahir maupun batin.

Motif Batik Sido Luhur

Motif asal Solo tersebut biasanya dipakai pengantin wanita saat malam pertama. Alasannya, pola ini memuat simbol keluhuran sehingga pemakainya dapat menjadi teladan bagi masyarakat.

Motif Batik Sido Asih

Satu lagi batik yang diwajibkan bagi pengantin perempuan di Solo. Makna di balik pola Sido Asih ini adalah supaya kehidupan rumah tangga sang pengantin senantiasa dipenuhi dengan cinta kasih.

Alasan Membeli Dress Batik Second

Beberapa baju batik bisa diperoleh dengan harga murah, namun biasanya kualitasnya juga standart. Ada yang luntur atau kusam setelah dicuci, tak sedikit pula yang kainnya jadi berserabut (tidak halus lagi) usai dipakai beberapa kali.

Guna menjaga penampilan agar tetap berkelas, lebih baik bagi seseorang untuk memiliki sedikit busana batik namun bermutu, ketimbang mengoleksi banyak item tapi pas-pasan. Tingginya harga dress batik di pasaran mungkin sudah membuat kerdil nyali beberapa wanita, akan tetapi selalu ada cara murah untuk mendapatkan kualitas terbaru. Salah satunya adalah tidak gengsi untuk membeli dress batik second.