0
0

Buku Soal Ujian Bekas - Aneka Buku Second

Buku Soal Ujian

Hidup ini selalu penuh dengan ujian, demikian kata pepatah bijak. Pasalnya, tidak semua ujian tersebut tertulis adanya seperti yang ada di sekolah, kampus, atau perusahaan. Apapun bentuk dan istilah ujiannya, entah persoalan hidup, psikotes, audisi, ataupun casting, semuanya bersifat sama yaitu untuk menguji apakah seseorang layak naik 1 level lebih tinggi atau tidak.

Tips Lulus Ujian Dengan Bantuan Buku Soal Ujian

Masalahnya beberapa ujian dalam hidup ini tidak ada buku panduannya, tidak seperti yang ada di sekolah-sekolah. Saat menempuh bangku pendidikan kita masih bisa berlatih pengetahuan dan kemampuan melalui buku soal ujian.

Namun prinsip ujian di mana-mana tetap sama, yaitu agar bisa lulus, seseorang benar-benar harus menguasai kriteria atau jawaban dari soal yang diujikan. Lalu bagaimana tips agar kita lulus ujian, baik itu di sekolah, saat melamar pekerjaan, ataupun ketika mengikuti audisi tertentu?

Pahami & Kuasai Benar Materi Yang Diujikan

Memahami dan menguasai tidak sama dengan menghafal. Memahami memiliki konteks yang lebih luas, dalam, dan fleksibel, tidak sesempit hafalan. Oleh sebab itu, agar lulus, seseorang tidak cukup hanya dengan menghafal saja, namun ia juga harus memahami dan menguasai benar materi yang diujikan.

Jaga Hati Tetap Tenang

Galau, cemas, panik, maupun khawatir takkan membantu siapapun (termasuk pribadi yang cerdas sekalipun) lulus dalam ujian. Agar bisa fokus dan mengerjakan soal ujian dengan baik, seseorang perlu membuang semua emosi negatif tersebut. Jaga hati dan pikiran tetap tenang agar kita bisa mengerjakan setiap tes dengan baik.

Belajar & Berlatih

Selalu belajar jelas perlu selalu dilakukan, mengingat kemampuan dan daya ingat otak manusia terbatas adanya. Ilmu pengetahuan yang selalu berkembang menuntut kita semua, tak hanya murid, namun juga para guru untuk tetap belajar. Agar bisa belajar dan berlatih dengan maksimal, melalui buku soal ujian misalnya, seseorang perlu berada dalam kondisi nyaman. Meski setiap orang memiliki cara belajarnya sendiri-sendiri, namun naluriah manusia tetap sama, yaitu lebih cepat menangkap hal-hal baru bila ia berada dalam kondisi senang.

Membuat Catatan

Hal baru yang ditemukan dan dicatat dengan gaya bahasa sendiri akan mempermudah seseorang dalam mengingat sesuatu. Kita tak perlu memiliki catatan yang sama persis dengan guru, mentor, atau orang lain, karena yang harus disamakan sebenarnya adalah persepsi dan pemahaman tentang suatu hal. Meski hanya mencatat kata kuncinya saja, namun bila membacanya membuat kita paham dan ingat akan sebuah materi, maka hal itu sebenarnya sudah cukup.

Tentukan Kapan Waktu Belajar Terbaik

Waktu belajar terbaik adalah ketika otak berada dalam kondisi prima, tidak mengantuk dan berpikir berat. Kondisi badan yang fresh dan keadaan pikiran yang masih belum terbebani oleh masalah apapun, merupakan momen yang pas untuk belajar dan berlatih.

Banyak Membaca & Menonton Tayangan Bermutu

Pengetahuan seseorang pasti bertambah jika ia rajin membaca. Tak harus membuka kamus untuk belajar bahasa, Anda bahkan bisa memperkaya perbendaharaan kata melalui cara kreatif seperti nonton film tanpa dubbing, chatting dengan teman baru dari daerah/ negara lain, atau membaca komik berbahasa asing. Kita bisa belajar dari media mana saja yang menurut kita paling seru.

Jangan Lupa Beristirahat

Tubuh dan pikiran manusia ada batasnya, jadi perlu waktu juga untuk istirahat. Saat tubuh serta­­ pikiran merasa lelah, jangan segan untuk mengambil waktu istirahat. Beristirahat selama beberapa waktu bisa memulihkan pikiran dan tenaga sehingga siap untuk diisi dengan materi baru.

Mengapa Membeli Buku Soal Ujian Second?

Jika bicara tentang buku soal ujian, maka yang terlintas di benak kita pastilah yang berhubungan dengan dunia sekolah. Padahal buku soal ujian kini tak sesempit hanya mengenai ujian lulus sekolah atau masuk universitas, sebab di bidang pekerjaan pun ada ujian lain yang harus diselesaikan oleh seorang karyawan. Apapun bentuknya, karena buku soal ujian merupakan tipe yang kita pakai sekali saja seumur hidup, maka tak perlu untuk memaksakan diri membeli yang baru. Bila ingin mengasah pengetahuan dan kemampuan, Anda bisa membeli beberapa ­­­­buku soal ujian second yang harganya lebih murah dibanding versi barunya. ­­­­­­­­­