0
0

Buku Managemen Bekas - Kumpulan Buku Terbaru

Buku Manajemen

Meski tak semuanya, namun beberapa buku manajemen yang ditulis dengan baik dapat memberikan pengaruh yang besar bagi pembacanya. Tak hanya menginspirasi, berbagai ide, saran, masukan, kritikan, pengarahan, tips, serta solusi yang tertulis di dalamnya bahkan dapat mengubah jalan hidup seseorang.

Bila selama ini kita menganggap bahwa buku manajemen selalu erat kaitannya dengan dunia bisnis, maka hal itu tentulah tidak salah. Namun sebenarnya skup buku manajemen lebih dari itu karena tak sedikit yang berbicara soal bagaimana caranya me-manage diri sendiri sehingga seseorang dapat menjalani kehidupan yang lebih baik.

Cara Memilih Buku Manajemen Sesuai Kebutuhan

Bicara soal manajemen atau disiplin diri dalam hal uang, sumber daya, atau tingkah laku misalnya, hal ini memang mudah dikatakan, namun pada praktiknya, sulit untuk dilakukan. Oleh sebab itu, seringkali seseorang membutuhkan arahan dan inspirasi dari orang lain, dan itu bisa diperolehnya dengan cara membaca buku manajemen.

Untuk memilih buku manajemen yang tepat, hal pertama yang harus dipikirkan adalah manajemen dalam hal apakah yang Anda butuhkan saat ini. Apakah itu soal keuangan, tingkah laku, pemasaran, atau sumber daya alam? Apa yang menjadi permasalahan Anda sekarang, temukan itu lebih dulu sebelum memilih bukunya.

Setelah itu, Anda tinggal mencari buku manajemen dengan bidang yang diinginkan. Seperti yang disebutkan di atas, walau ada begitu banyak buku manajemen yang dicetak di dunia ini, namun tak semuanya bermutu. Beberapa pembaca lebih menyukai tata bahasa yang simple, namun tak sedikit yang tetap dapat menikmati bacaan meski struktur katanya agak rumit dan bertele-tele. Sebelum membeli bukunya, ada baiknya Anda mengenali dulu penulisnya supaya tahu bagaimana gaya bahasanya.

Hindari membeli buku manajemen yang mungkin dianggap best seller oleh penjual atau teman bila gaya bahasa yang disajikan di dalamnya membuat Anda bingung. Memaksakan membeli buku semacam ini hanya akan membuatnya mubazir karena Anda tidak dapat mencerna maksud tulisan dengan baik. Lebih baik membeli buku manajemen yang penulisannya bisa Anda pahami sepenuhnya supaya tidak bosan saat membacanya nanti.

Setelah menemukan penulis dan gaya bahasa yang tepat, bukalah dan bacalah sekilas beberapa halaman dalam beberapa bab secara acak guna menilai kualitas informasi yang disampaikan buku manajemen tersebut. Jangan terpatok dengan tahun penulisan karena seringkali, meskipun buku manajemen tersebut tergolong jadul, namun isinya masih relevan dan dapat diterapkan di masa kini. Setelah merasa sreg dengan bacaan tersebut, Anda baru bisa membelinya.

Meski tak semua, namun kebanyakan buku manajemen yang masuk kategori best seller ditulis oleh penulis luar. Nama-nama penulis ini mungkin bisa menjadi rekomendasi Anda yang ingin memiliki bacaan manajemen baru: Jack Welch (Winning), Douglas Mc Gregor (The Human Side of Enterprise), Joseph Juran (Juran’s Quality Handbook), Jim Collins (Good to Great), Peter F. Ducker (The Practice of Management), Jurgen Appelo (Management 3.0), dll.

Alasan Membeli Buku Manajemen Second

Kita memang dapat meminjam buku manajemen dari teman atau perpustakaan, namun bila Anda sering membutuhkannya, maka ada baiknya bila memiliki buku tersebut secara pribadi. Beberapa buku dari penulis luar memang sudah ada yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Harga buku hasil terjemahan rata-rata juga lebih murah ketimbang buku impor. Namun bila ternyata, buku hasil tulisan penulis favorit Anda belum ada versi Indonesianya, maka jangan segan untuk membeli buku manajemen second yang harganya pasti lebih murah dibanding produk barunya.