0
0

Buku Keuangan

Salah satu jenis bacaan yang kerap dicari pembaca adalah buku soal keuangan. Bacaan yang berisi tentang tips mengatur penghasilan dan pengeluaran, atau menginfokan perihal dunia keuangan ini memang dapat membantu mengarahkan pembaca, khususnya mereka yang memiliki kecenderungan untuk hidup boros.

Tips Memilih Buku Keuangan Yang Tepat

Meski di zaman modern ini, kita sebenarnya bisa mendapatkan beragam tips keuangan dari internet, namun bagi beberapa orang, buku yang bentuk fisiknya dapat dipegang oleh tangan dirasa lebih efektif karena dapat dibubuhi dengan catatan dari buah pemikiran pembacanya.

Banyaknya judul dan penulis buku yang membahas soal manajemen keuangan mungkin membuat Anda sempat bingung untuk memilih mana yang terbaik. Perlu diakui bahwa kadangkala beberapa tips yang disampaikan melalui sebuah buku bisa jadi kurang relevan sehingga tidak bisa diterapkan dalam kehidupan pembacanya, apalagi yang menyarankan untuk menabung hingga 50% dari penghasilan.

Untuk itu sebelum membeli buku keuangan, ada baiknya Anda membaca acak lebih dulu isi bukunya dan pilihlah yang tidak muluk-muluk dalam memberikan saran. Carilah bacaan yang memuat tips yang masuk akal dan bisa Anda lakukan tanpa menyiksa diri.

Saat memilih buku keuangan, Anda tentu juga harus memperhatikan sampai sedetail mana tips yang dibutuhkan, apakah sebatas hanya pada pembukuan pribadi saja, ataukah sudah menyangkut toko/ usaha yang dimiliki? Apakah Anda membutuhkannya hanya untuk sekedar menambah pengetahuan saja, atau karena memang sedang mempersiapkan diri sebelum bekerja di bidang finansial?

Bagaimanapun juga bila tips keuangan yang dibutuhkan masih ada kaitannya dengan dunia bisnis, maka biasanya saran yang diberikan tidaklah sepraktis yang ada pada perencanaan keuangan untuk pribadi. Tidak seperti yang ada pada pembukuan pribadi, jurnal keuangan untuk bisnis, juga melibatkan neraca yang memuat catatan mengenai besarnya modal, utang, dan berbagai macam biaya lainnya.

Bagi Anda yang selalu merasa kesulitan untuk bersahabat dengan penjelasan teori mengenai hitungan matematika, tak ada salahnya mencari buku keuangan yang juga menyertakan contoh soal dalam tiap tipsnya, karena itu dapat mempermudah pemahaman Anda ketika membaca saran yang diberikannya.

Dan karena masalah pajak sudah menjadi salah satu perhatian Pemerintah Indonesia dewasa ini, maka tak ada salahnya menambah koleksi buku keuangan yang pernah dibeli dengan bacaan mengenai pajak. Langkah mempelajari ketentuan pajak lewat buku ini bisa menjadi solusi yang jelas lebih murah bagi Anda yang awam terhadap masalah perpajakan, apalagi bila Anda enggan menyewa jasa konsultan pajak yang biasanya membutuhkan biaya tidak sedikit.  

Alasan Membeli Buku Keuangan Second

Yang jadi persoalan sekarang adalah bahwa seringkali membeli serta membaca sebuah buku keuangan saja masih belumlah cukup karena materi yang disampaikan tidaklah selengkap sesuai harapan. Bila ini yang terjadi, maka tentu saja Anda harus mencari buku lain yang dapat memberikan tips keuangan berbeda dari yang pernah dipaparkan oleh bacaan sebelumnya.

Dan karena beberapa buku bermutu dijual dengan harga yang nominalnya lumayan menguras isi kantong, maka guna melengkapi koleksi buku keuangan, ada baiknya Anda membeli bacaan versi second hand-nya saja. Selain lebih murah dan hemat karena tidak membuat kantong jebol, toh isi yang dipaparkan buku second dan baru juga sama. Dan siapa tahu kalau-kalau coretan kecil dari pemilik lamanya bisa menjadi masukan yang berharga dan menginspirasi untuk Anda.