0
0

Buku Ensiklopedia Bekas - Aneka Ensiklopedia Second

Buku Ensiklopedia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ensiklopedia memiliki arti sebuah atau serangkaian buku yang menghimpun keterangan tentang berbagai hal, yang disusun menurut abjad atau lingkungan ilmunya. Sementara dari asli katanya sendiri, ensiklopedia sebenarnya diadopsi dari bahasa Yunani, yaitu “enkyklios paideia” yang artinya sebuah pengajaran yang lengkap.

Ensiklopedia tidak sama dengan kamus, meski mungkin keduanya sama-sama tebal dan dilengkapi dengan gambar berwarna. Jika kamus hanya mendefinisikan dan menerjemahkan tentang makna sebuah kata atau kalimat sederhana, bahasan ensiklopedia lebih mendalam dari itu karena juga memuat penjelasan secara rinci tentang sesuatu hal/ benda.

Tips Memilih & Merawat Buku Ensiklopedia

Karena ilmu pengetahuan itu luas bidangnya, maka beragam pula jenis ensiklopedia yang dijual di toko buku. Pada masa modern seperti sekarang, kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang apa saja dari buku ensiklopedia. Tak hanya para dewasa, anak-anak sekalipun dijamin bakal bertambah pengetahuannya setelah membolak-balik halaman demi halaman buku ensiklopedia.

Dan harus diakui bahwa seringkali buku ensiklopedia didapati lebih menarik ketimbang buku pelajaran di sekolah atau kampus, dikarenakan kemasannya yang dibikin sedemikian rupa sehingga pembacanya tak hanya belajar lewat uraian kata namun juga gambar yang tersedia di dalamnya. Desain buku ensiklopedia yang selalu memadukan antara tulisan dan gambar ini jelas mampu membuat pembacanya betah berlama-lama untuk membacanya entah itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sekalipun.

Oleh sebab itu, sebelum membeli buku ensiklopedia, cari tahu dulu bidang ilmu apa yang ingin Anda ketahui. Katakanlah yang ingin Anda beli adalah buku ensiklopedia mengenai hewan. Untuk bidang inipun, bahasannya masih luas, karena masih terbagi lagi menjadi ensiklopedia binatang melata, hewan air, hingga burung. Dan bila mau lebih detail lagi, Anda mungkin bisa memperoleh buku ensiklopedia yang khusus membahas tentang anjing saja. Intinya, semakin mengerucut tema yang ingin Anda pahami, maka biasanya kian detail pula penjelasan yang dipaparkan di dalamnya.

Setelah menemukan jenis bukunya, maka saatnya membandingkan antara buku ensiklopedia anjing A dan B. Beda penulis biasanya beda pula isinya. Untuk itu, carilah buku ensiklopedia yang memberikan informasi serta tips yang relevan dengan kehidupan Anda. Dan jika buku ensiklopedianya memiliki lebih dari 1 jilid, Anda tidak perlu memaksakan diri membeli semuanya sekaligus. Temukan mana dulu bahasan yang kira-kira paling perlu untuk dipelajari saat ini.

Sama seperti ketika membeli bacaan lain, bila ada sample buku ensiklopedia yang tidak disegel, maka bukalah dan bacalah isinya secara random. Bandingkan isi buku ensiklopedia terbitan A dengan B supaya Anda tahu di antara beberapa judul, mana yang paling pas dengan selera Anda. Usai memilih dan membeli buku ensiklopedia, agar buku tetap awet, berikan sampul dari bahan plastik mika tebal terlebih dulu agar buku tak mudah kotor dan rusak.

Alasan Membeli Buku Ensiklopedia Second

Karena informasi yang biasanya disodorkan oleh ensiklopedia begitu lengkap, maka kita kerap mendapati buku ini berbobot tebal dan berhalaman banyak. Namun meski tebal, rasanya tidak pernah bosan untuk menjelajahi buku ensiklopedia berkat adanya gambar berwarna di dalamnya yang membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

Oleh sebab kemasannya yang super lengkap dan menarik tersebut, maka tak heran bila harga buku ensiklopedia begitu mahal, bisa bernilai antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Kalau saat ini Anda atau buah hati sedang membutuhkan buku ensiklopedia, maka carilah versi second yang lebih murah ketimbang produk barunya.