0
0

Blackberry Second - Aneka hp Blackberry Bekas Original

Blackberry

Seperti yang kita ketahui bersama, Blackberry merupakan salah satu merk gadget yang sempat booming beberapa tahun silam. Namun kini pamornya kian tenggelam seiring bertambah banyaknya smartphone merk lain yang menggunakan Android dan iOS sebagai sistem operasinya.

Salah satu keunggulan sistem operasi Android dan iOS dibanding platform yang terdapat pada smartphone Blackberry pada umumnya adalah pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama karena ponsel akan segera menyala usai proses reboot/ restart. Tidak seperti gadget Blackberry yang masih harus menunggu lagi setelah proses lepas baterai.

Blackberry Akhirnya Beralih ke Android

Sejak lahirnya pada tahun 1984 silam, perusahaan telekomunikasi asal Kanada yang sudah berganti nama menjadi Research In Motion Limited (RIM) ini telah mengeluarkan puluhan seri gadget merk Blackberry dalam bentuk smartphone maupun tablet. Pada perkembangannya, perusahaan yang didirikan oleh Mike Lazaridis dan Doug Fregin tersebut telah memberdayakan Java, QNX, dan kini Android juga sebagai platform untuk produk Blackberry-nya.

Salah satu produk Blackberry yang sudah dimuati sistem operasi Android adalah Blackberry Priv. Diluncurkan pada bulan September 2015, Blackberry Priv merupakan produk smartphone Blackberry pertama yang menjajal Android sebagai sistem operasinya. Menurut sang CEO John S. Chen, nama Priv yang merupakan singkatan dari private/ privasi ini, dipilih karena smartphone tersebut diisukan mempunyai sistem keamanan tingkat tinggi.

Dari segi layarnya, Blackberry Priv tampil menyerupai smartphone berbasis Android pada umumnya, yaitu dengan ukuran sebesar 5.4 inci beresolusi 1440 x 2560 pixels sehingga gambar yang dihasilkan lebih cemerlang dan tajam.

Tipe layar gadget yang tampilannya mirip dengan Samsung Galaxy S6 Edge tersebut juga patut diacungi jempol karena memilih jenis Corning Gorilla Glass 4, dan AMOLED capacitive touchsreen yang mampu menampilkan 16 juta warna.

Tak tanggung-tanggung Android tipe OS, v5.1.1 (Lollipop) yang dipilih dan kemudian dibenamkan dalam gadget berprosesor Dual-core 1.8 GHz Cortex-A57 & quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 tersebut. Keunggulan lain dari gadget yang juga dilengkapi dengan keypad Qwerty ini adalah jenis chipset yang dipakai yaitu Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808.

Dengan RAM sebesar 3GB serta memori internal 32GB, yang masih bisa ditambah lagi dengan memori eksternal hingga 200GB, pengguna bahkan bisa membuka dan menyimpan banyak aplikasi tanpa takut HP hanged.

Kamera smartphone yang body-nya tampil dengan model sliding ini juga menjadi kelebihan lain mengapa gadget ini patut diperhitungkan. Meski kamera depannya masih 2 MP saja, namun kamera belakangnya memiliki resolusi yang cukup wah yaitu 18 MP. Melaluinya pengguna bisa merekam video dengan kualitas HD 2160 dan 1080. Beragam fitur yang disematkan dalam kamera Priv antara lain seperti panorama, HDR, face detection, touch focus, Geo-tagging, dual tone flash, phase detection autofocus, optical image stabilization, hingga Schneider-Kreuznach optics.

Kapasitas daya dari gadget yang sudah dilengkapi dengan jaringan 4G tersebut juga cukup besar dan tahan lama karena memakai jenis baterai Li-ion 3410 mAh.

Menyusul Blackberry Priv, muncul pula Blackberry DTEK50 yang diumumkan akhir Juli 2016 kemarin. Masih mengusung sistem operasi Android sebagai platform-nya, smartphone yang belum masuk ke tanah air tersebut disebut-sebut memiliki bandrol harga lebih murah dari Priv, yaitu sekitar Rp 4 jutaan.

Gadget single SIM yang sudah memuat jaringan 4G LTE tersebut tampil dengan layar 5.2 inci, 1080 x 1920p (~424 pp1). Layarnya tidak hanya dibuat multitouch dan capacitive namun juga antigores. Lebih canggih ketimbang Blackberry Priv, seri DTEK50 memilih Android Marshmallow sebagai sistem operasinya.

Keunggulan lain gadget dengan chipset Qualcomm MSM8952 Snapdragon 617 tersebut adalah dari RAM-nya yang besar, yaitu 3GB, memori internal 16GB, kamera belakang 13 MP, kamera depan 8 MP, dan baterai 2610 mAh-nya yang dilengkapi dengan teknologi Quick Charge 2.0.

Alasan Membeli Blackberry Second

Dari kedua seri gadget Blackberry berbasis Android yang sudah disebutkan di atas, masing-masing dibandrol dengan harga berbeda. Untuk Blackberry Priv misalnya, produk barunya bisa diperoleh dengan harga sekitar Rp8,7 jutaan, sementara untuk versi second-nya masih bertahan pada posisi harga Rp 7 jutaan. Jadi bila Anda ingin memilikinya, tak usah segan untuk membeli versi second-nya saja.