0
0
Urutan
Terbaru
Kategori
Outdoors
Merek
None
Kategori
Filter
Provinsi
Merek
Jenis
Kondisi
Kurir
Ongkos Kirim
Rentang Harga
Rp
Rp
Apply Filter

Perlengkapan Outdoor Bekas | Prelo.co.id

Urutan
Terbaru
Kategori
Outdoors
Merek
None
First Page
Next
Perlengkapan Outdoor Bekas | Prelo.co.id

Ada banyak cara untuk meliburkan diri sejenak dari penatnya suasana kota yang sarat dengan suasana macet dan polusi. Selain berkunjung ke luar negeri, atau menginap di vila di kawasan puncak, cara lain yang kerap dipilih beberapa orang khususnya para pecinta alam adalah dengan hiking atau camping.

Perlengkapan Outdoors

Agar kegiatan berkemah bisa tetap berjalan baik dan menyenangkan, maka tentu kita harus menyiapkan banyak perlengkapan outdoors. Selain membekali diri dengan pakaian, alas kaki, senter, hingga tas khusus hiking, kita juga harus membawa berbagai peralatan menginap. Berikut beberapa perlengkapan outdoors yang tak boleh terlupakan untuk dibawa saat camping.

Tenda Dome

Berbeda dengan kemah biasa yang pernah kita dirikan saat zaman Pramuka dulu, tenda dome tampil lebih praktis karena sudah dilengkapi dengan kerangka dan alas untuk tidur. Rata-rata tenda dome dibuat dari bahan parasut yang kuat, anti air, dan juga ringan sehingga praktis dibawa berpindah-pindah.

Untuk bagian dalam tenda, lebih baik pilih nilon karena bahan ini dapat memberikan kehangatan lebih ekstra ketimbang katun. Sementara untuk bagian alasnya kebanyakan orang memilih terpal karena dianggap anti air, namun pada kenyataan di lapangan, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Sebaliknya pilih bahan ultralight (sejenis nilon) yang meski tipis tapi bisa menahan rembesan air. Untuk meminimkan gesekan dengan tanah, maka gunakan footprint tenda sebagai solusinya. Pilih footprint yang ukurannya beberapa cm menjorok masuk ke dalam agar air hujan tidak bisa masuk.

Dalam memilih jenis tenda dome, tentu Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan daya tampungnya juga. Dan bila area pegunungan adalah incaran untuk menginap, maka pilih tenda dome khusus hiking karena biasanya dibuat lebih tahan terhadap angin kencang ketimbang tenda camping biasa.

Untuk tinggi tenda carilah yang maksimal 1 meter atau kurang dari itu karena kian tinggi, maka daya tangkap angin makin besar pula. Selain itu, desain tenda juga perlu diperhatikan, hindari yang memiliki bagian terbuka, apalagi di sisi atas karena bisa memberikan space bagi angin untuk masuk.

Pisau Multitool

Karena lingkungan di alam luar lebih kejam ketimbang di rumah, maka Anda perlu mempersenjatai diri. Tentu saja selain untuk melindungi diri, pisau multitool yang Anda pilih juga bisa diberdayakan untuk kebutuhan lain seperti memasak atau membenahi tenda.

Ada begitu banyak pisau multitool yang bisa dipilih, semua tentu tergantung dari budget dan juga kebutuhan Anda. Seiring berkembangnya zaman, beberapa produsen bahkan sudah mengemas produk pisau multitool-nya sehingga tak hanya memuat pisau, gunting, gergaji, pembuka botol, obeng, pemotong tali, namun juga senter.

Kompas & Alat Komunikasi

Alat satu ini tentu wajib hukumnya agar Anda tidak tersesat saat menjelajah alam, khususnya bila area tersebut tergolong baru dan belum pernah dikunjungi sebelumnya. Anda tentu bisa menggunakan fasilitas kompas atau GPS yang sudah disematkan dalam smartphone, namun untuk jaga-jaga, siapa tahu tiba-tiba sinyal menghilang, maka lengkapi diri dengan HP khusus outdoor atau handy talky serta kompas.

Cooking Set

Meski rasanya lebih asyik bila kita bisa memasak di atas kayu bakar, namun kalau memungkinkan bagi Anda untuk membawa cooking set maka lakukan itu. Selain lebih praktis, Anda juga tak perlu repot bila ingin segera mengisi perut yang sedang kelaparan karena cuaca dingin.

Sleeping Bag

Mereka yang pernah hiking pasti tahu betapa dinginnya suhu di luar sana. Oleh sebab itu kita perlu melengkapi diri dengan membawa sleeping bag khusus. Bila tak memungkinkan bagi Anda untuk membopong kasur angin, maka beli saja selimut darurat dari bahan aluminium foil.

Alasan Membeli Perlengkapan Outdoors Second

Karena hobi camping dan hiking kerap menghabiskan banyak dana mulai dari pembelian peralatan hingga biaya transportasi, maka bila dana memang jadi kendalanya, maka jangan segan membeli perlengkapan outdoors second yang harganya pasti lebih miring ketimbang produk barunya.