0
0
Barang bekas lebih baik dari pada barang KW!
Beli barang bekas hanya di Prelo
Guide Buyer Pilih Barang
Pilih Barang
Ribuan barang berkualitas (no KW) ada di Prelo
Guide Buyer Chat dan Tawar
Chat dan Tawar Harga
Kamu bisa chat penjual dan tawar harga barang yang kamu pilih
Guide Buyer Bayar
Bayar dan Terima Barang
Pengembalian uang 100% jika barang tidak sesuai dengan deskripsi produk
Dapat uang tanpa modal!
Jual barang bekas berkualitas kamu hanya di Prelo
Guide Seller Download
Download Aplikasi Prelo
Download Prelo untuk menjual barang preloved kamu
Guide Seller Upload Barang
Foto dan Upload Barang
Upload barang kamu ke Prelo dan tunggu pelanggan membelinya
Guide Seller Kirim Barang
Kirim Barang
Kirim barang ke pelanggan dan terima hasil penjualan kamu
Filter
None
Kategori
Akademis
Urutan
Terbaru
Kategori
Filter
Lokasi Penjual
Merek
Jenis
Kondisi
Ongkos Kirim
Rentang Harga
Rp
Rp
Apply Filter

Buku Pelajaran & Akademik Bekas Murah

Filter
None
Kategori
Akademis
Urutan
Terbaru
First Page
Next
Buku Pelajaran & Akademik Bekas Murah

Di Indonesia sendiri, sebenarnya setiap anak diwajibkan menempuh bangku pendidikan selama 12 tahun mulai dari SD hingga SMA. Dan pada masa-masa itu pula hari-harinya pasti takkan terpisahkan dari yang namanya pergaulan, seragam sekolah, jadwal belajar, hingga buku pelajaran.

Meski sebenarnya buku pelajaran bisa dipakai dari angkatan hingga angkatan berikutnya, namun karena berbagai alasan, buku yang sebelumnya pernah dipakai oleh kakak kelas, jarang bisa digunakan lagi oleh generasi di bawahnya.

Penyebabnya bisa beragam mulai dari ketentuan pihak sekolah yang mengharuskan murid menggunakan buku dari penerbit tertentu, guru yang ingin menjajal kualitas konten buku baru, hingga kurang update-nya buku pelajaran yang sempat dipakai oleh angkatan terdahulu.

Tentu saja bila sebuah buku pelajaran merupakan produk gagal, maka sebaiknya itu tidak digunakan lagi karena setiap anak berhak mendapatkan pengetahuan yang benar dan selengkap mungkin.  

Tips Hemat Mendapat Buku Pelajaran

Akan tetapi karena tidak semua buku pelajaran keluaran terbaru terjamin kualitas ilmu yang disuguhkannya, maka tak jarang beberapa pengajar pun memutuskan untuk kembali memakai buku pelajaran lama yang dianggap lebih bermutu baik dalam memberikan pengetahuan.

Berburu buku pelajaran yang sudah diterbitkan bertahun-tahun lalu memang susah-susah gampang sebab tak jarang penerbitnya sudah tidak memproduksinya lagi. Hal ini tentu menyulitkan orang tua dalam mencarinya. Beruntunglah kalau pihak sekolah mengizinkan murid memakai versi fotokopinya karena selain lebih irit, anak bisa tetap memetik ilmu dengan maksimal.

Namun bila tidak, jika tetap Anda diharuskan membeli buku tersebut untuk putra-putri Anda, maka ada beberapa cara mendapatkannya agar pengeluaran bisa lebih hemat.

Pertama, coba cari tahu lebih dulu kakak kelas mana yang mungkin masih memilikinya, entah itu dari tetangga, saudara, ataupun teman terdekat. Jangan malu untuk bertanya karena siapa tahu kedekatan Anda dengan mereka bisa membuat Anda memperoleh buku yang dibutuhkan tersebut secara gratis dikarenakan buku tersebut sudah tidak dipakai lagi oleh mereka.

Bila tak ada kakak kelas yang memilikinya, maka kini saatnya memburunya di berbagai toko buku yang khusus menjual bacaan second. Setiap kota pasti memiliki area toko buku bekasnya sendiri, jadi jangan segan untuk bertanya dari lapak satu ke lapak lainnya.

Saat Anda sudah menemukan buku pelajaran tersebut, tak perlu buru-buru membelinya, amati lebih dulu tiap lembarnya secara acak dan cari tahu apakah buku masih layak pakai. Kalau sampulnya yang mengalami cacat, Anda bisa membenahinya dengan memberikan sampul laminating bening. Selama wujud buku tidak terlalu parah dan masih bisa dipakai, jangan segan untuk mendiskusikan hal itu dengan anak karena toh si dialah yang akan menggunakannya nanti.

Kalau sudah menemukan buku yang tepat, jangan lupa membandingkan juga harganya dengan toko lain. Alternatif lain adalah dengan menawar harganya serendah mungkin. Akan tetapi kalau perburuan di toko buku bekas tidak memberikan hasil sesuai keinginan entah karena keadaan buku terlalu usang sehingga tidak bisa dipakai lagi atau stok kosong, maka larilah ke forum atau toko online.

Alasan Membeli Buku Pelajaran Second

Canggihnya dunia internet sekarang pastinya bisa memberikan kemudahan bagi Anda dalam mencari buku pelajaran lama yang diperlukan walau berupa versi second. Ketika sudah menemukannya, selalu tanyakan secara detail tentang kelayakan buku sebelum melakukan transaksi agar uang yang Anda keluarkan tidak sia-sia.