0
0
Barang bekas lebih baik dari pada barang KW!
Beli barang bekas hanya di Prelo
Guide Buyer Pilih Barang
Pilih Barang
Ribuan barang berkualitas (no KW) ada di Prelo
Guide Buyer Chat dan Tawar
Chat dan Tawar Harga
Kamu bisa chat penjual dan tawar harga barang yang kamu pilih
Guide Buyer Bayar
Bayar dan Terima Barang
Pengembalian uang 100% jika barang tidak sesuai dengan deskripsi produk
Dapat uang tanpa modal!
Jual barang bekas berkualitas kamu hanya di Prelo
Guide Seller Download
Download Aplikasi Prelo
Download Prelo untuk menjual barang preloved kamu
Guide Seller Upload Barang
Foto dan Upload Barang
Upload barang kamu ke Prelo dan tunggu pelanggan membelinya
Guide Seller Kirim Barang
Kirim Barang
Kirim barang ke pelanggan dan terima hasil penjualan kamu
Filter
None
Kategori
Musik
Urutan
Terbaru
Kategori
Filter
Lokasi Penjual
Merek
Jenis
Kondisi
Ongkos Kirim
Rentang Harga
Rp
Rp
Apply Filter

Alat Musik Second Harga Murah

Filter
None
Kategori
Musik
Urutan
Terbaru
First Page
Next
Alat Musik Second Harga Murah

Apa jadinya bila tidak ada yang namanya musik di dunia ini, wah pasti akan terasa sepi sekali. Meskipun ada nyanyian, akan tetapi tanpa musik, suara yang merdu sekalipun akan terdengar kurang gregetnya.

Berkat kreativitas manusia, sebenarnya berbagai benda bisa dijadikan alat musik akustik, seperti gelas kaca, panci, meja kayu, hingga kaleng drum besar sekalipun. Namun kali ini kita akan membahas jenis alat musik resmi yang kerap dipakai di dunia.

Jenis Alat Musik Dari Cara Memainkannya

Ditinjau dari cara memainkannya, alat musik bisa dibedakan menjadi beberapa yakni alat musik tiup seperti harmonika, seruling, flute, horn, terompet, saksofon, bason, recorder, pianika, clarinet, dan lain-lain.

Selain ditiup, ada juga alat musik yang dimainkan dengan cara digesek seperti biola, rebab, cello, kecapi, dan lain sebagainya. Berbeda dengan kontra bas yang harus digesek agar menghasilkan bunyi; gitar, bass, mandolin, siter, sasando, ukulele, banjo, serta harpa merupakan tipe alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik.

Dan sementara piano, organ, ataupun keyboard termasuk golongan alat musik tekan, maka kulintang, gamelan, gendang, ketipung, rebana, drum, gong, triangle, kastanyet, symbal, dan masih banyak lagi adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul.

Jenis Alat Musik Dari Sumber Bunyinya

Selain dari cara memainkannya, kategori pembeda jenis alat musik juga bisa dilihat dari sumber bunyinya. Untuk alat musik golongan aerophone seperti seruling, saksophone, maupun flute misalnya, bunyinya berasal dari udara yang bergetar saat alat musik ditiup atau pompa (akordion).

Sementara bila sumber bunyi alat musiknya dari batangan logam maupun kayu yang dipukul seperti angklung, gamelan, dan kulintang, maka alat tersebut termasuk kelompok idiophone. Akan tetapi kalau sumber bunyinya justru berasal dari rangkaian elektronik yang terpasang dalam alat tersebut, maka termasuk jenis elektrophone –lah alat tersebut. Contoh alat musik yang masuk kategori ini adalah organ elektrik, gitar elektrik, bass elektrik, dan seterusnya.

Tak hanya itu, sumber bunyi alat musik juga bisa berasal dari getaran yang timbul pada selaput tipis yang menyertai alat, misalnya tamborin, rebana, bedug, drum, ketipung, dan lain-lain. Asal bunyi alat musik selanjutnya berasal dari getaran yang dihasilkan rangkaian dawai saat dipetik, gesek, maupun tekan. Untuk alat musik kategori chordphone ini Anda pasti sudah bisa menebaknya, yakni gitar, biola, piano akustik, rebab, kecapi, dan lain-lain.

Jenis Alat Musik Dari Fungsi Alatnya

Namun bila ditilik dari segi fungsinya, maka ada alat musik melodis yang dapat menghasilkan untaian nada alias melodi, misalnya seruling, pianika, harmonika, terompet, saksofon, dan lain-lain. Fungsi alat musik berikutnya yang mampu menciptakan ritme ketika dimainkan termasuk tipe alat musik ritmis, contohnya adalah konga, bass, ketipung, drum set, dan lain-lain. Berbeda dari keduanya, ada pula alat musik yang mampu menghasilkan paduan nada atau akor sehingga terdengar harmonis, seperti gitar, piano, keyboard, dan seterusnya.

Alasan Membeli Alat Musik Second

Karena jenis alat musik yang ada sudah beragam banyaknya, maka tingkat pembuatan masing-masing alat musik tentu memiliki tantangan maupun kerumitannya sendiri-sendiri. Baguslah bila grup musik yang Anda bentuk bisa berkreasi dan menghasilkan alunan nada yang indah dari benda-benda di sekitar.

Namun bila saatnya tiba untuk memajukan diri, dan Anda diharuskan untuk membeli alat musik resmi, maka jangan segan memilih alat musik second yang harganya pasti jauh lebih murah ketimbang versi barunya.